Merebaknya pandemi global-cOVID-19, di Indonesia pada pertengahan Maret 2020, telah
menciptakan perubahan yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam cara pelanggan menanggapi
tantangan tersebut. Penyebaran pandemi covid-19 memaksa masyarakat untuk tinggal di rumah dan
menghentikan mobilitasnya. Mereka tinggal di rumah mempengaruhi orang untuk melakukan belanja
online. Seiring dengan meluasnya praktik physical distancing, belanja online menjadi alternatif penting
bagi banyak orang.
Perilaku konsumen untuk membelanjakan juga bergeser dari membeli produk yang ingin
mereka beli produk yang dibutuhkan. Pandemi COVID-19 mendorong pola pelebaran belanja
konsumen online. Konsumen mulai membeli kebutuhan sehari-hari secara online. Pengeluaran
konsumen dalam hal transaksi kartu kredit juga menggeser sikap nasabah akibat pandemi-COVID19
ini, menciptakan peningkatan tinggi untuk transaksi melalui orang lain/e-commerce namun menjadi
terendah untuk transaksi perjalanan, hotel, dan restoran.
Kartu Kredit Mandiri harus beradaptasi cepat untuk mengatasi perubahan perilaku nasabah ini
karena akan membentuk perjalanan keputusan konsumen. Beberapa perilaku baru yang dipaksakan
oleh krisis ini mungkin akan tetap sebagai kebiasaan baru setelah pandemi telah surut. Ini mungkin
termasuk belanja jarak jauh dan belanja online, yang akan mendorong peluang segmen perbankan
digital dan e-commerce. Mandiri membutuhkan inovasi dan pemahaman perilaku konsumen yang lebih
baik bagi Mandiri Kartu Kredit untuk menumbuhkan dan membentuk tantangan mendatang ini menjadi
strategi bisnis pemasaran yang dapat berdampak positif pada nilai nasabah dan memberikan loyalitas
nasabah
Penelitian ini membahas mengenai strategi yang paling tepat dalam meningkatkan Loyalitas
Nasabah dan keunggulan kompetitif Kartu Kredit Mandiri. Penelitian ini akan menggunakan Disrupsi
Digital di Industri Perbankan, Analisis PESTEL, Lima Kekuatan Porter, Analisis Pesaing, dan Analisis
Pelanggan untuk menganalisis faktor-faktor ekstenal. Penelitian ini menggunakan analisis STP,
Marketing Mix, dan Model Kanvas Bisnis untuk menganalisis faktor-faktor internal. Pada akhir
penelitian akan merumuskan rencana implementasi strategi pemasaran yang tepat dan rekomendasi bagi
Kartu Kredit Mandiri untuk menjaga loyalitas nasabah dan keunggulan kompetitif sehingga Kartu
Kredit Mandiri tetap menjadi pilihan utama pemegang kartu dalam bertransaksi.
Perpustakaan Digital ITB