digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Merebaknya pandemi global-cOVID-19, di Indonesia pada pertengahan Maret 2020, telah menciptakan perubahan yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam cara pelanggan menanggapi tantangan tersebut. Penyebaran pandemi covid-19 memaksa masyarakat untuk tinggal di rumah dan menghentikan mobilitasnya. Mereka tinggal di rumah mempengaruhi orang untuk melakukan belanja online. Seiring dengan meluasnya praktik physical distancing, belanja online menjadi alternatif penting bagi banyak orang. Perilaku konsumen untuk membelanjakan juga bergeser dari membeli produk yang ingin mereka beli produk yang dibutuhkan. Pandemi COVID-19 mendorong pola pelebaran belanja konsumen online. Konsumen mulai membeli kebutuhan sehari-hari secara online. Pengeluaran konsumen dalam hal transaksi kartu kredit juga menggeser sikap nasabah akibat pandemi-COVID19 ini, menciptakan peningkatan tinggi untuk transaksi melalui orang lain/e-commerce namun menjadi terendah untuk transaksi perjalanan, hotel, dan restoran. Kartu Kredit Mandiri harus beradaptasi cepat untuk mengatasi perubahan perilaku nasabah ini karena akan membentuk perjalanan keputusan konsumen. Beberapa perilaku baru yang dipaksakan oleh krisis ini mungkin akan tetap sebagai kebiasaan baru setelah pandemi telah surut. Ini mungkin termasuk belanja jarak jauh dan belanja online, yang akan mendorong peluang segmen perbankan digital dan e-commerce. Mandiri membutuhkan inovasi dan pemahaman perilaku konsumen yang lebih baik bagi Mandiri Kartu Kredit untuk menumbuhkan dan membentuk tantangan mendatang ini menjadi strategi bisnis pemasaran yang dapat berdampak positif pada nilai nasabah dan memberikan loyalitas nasabah Penelitian ini membahas mengenai strategi yang paling tepat dalam meningkatkan Loyalitas Nasabah dan keunggulan kompetitif Kartu Kredit Mandiri. Penelitian ini akan menggunakan Disrupsi Digital di Industri Perbankan, Analisis PESTEL, Lima Kekuatan Porter, Analisis Pesaing, dan Analisis Pelanggan untuk menganalisis faktor-faktor ekstenal. Penelitian ini menggunakan analisis STP, Marketing Mix, dan Model Kanvas Bisnis untuk menganalisis faktor-faktor internal. Pada akhir penelitian akan merumuskan rencana implementasi strategi pemasaran yang tepat dan rekomendasi bagi Kartu Kredit Mandiri untuk menjaga loyalitas nasabah dan keunggulan kompetitif sehingga Kartu Kredit Mandiri tetap menjadi pilihan utama pemegang kartu dalam bertransaksi.