Perilaku berbelanja masyarakat Indonesia telah berubah dari mulai berbelanja offline menjadi
berbelanja dengan sistem online hal dilansir dari hasil survei menurut PwC Indonesia tahun
2017. Survei dari rapyed.net dengan judul Asia Pacific eCommerce and payments Guide
menunjukkan bahwa dalam 3 bulan terakhir produk yang dijual secara online dan banyak
diminati oleh masyarakat Indonesia adalah pakaian, sepatu dan aksesoris dengan persentase
76%. Myluxgoods.id merupakan toko yang menjual aksesoris jam tangan yang fokus pada
penjualan secara online karena sistem yang digunakan yaitu dropship meski menjual jam
tangan secara online myluxgoods.id tetap memerhatikan keabsahan produk yang dijual.
Terhitung pada 12 November 2020 Myluxgoods.id hanya dapat menjual 227 pieces jam
tangan, dengan menjual produk yang sama myluxgoods.id masih kalah dibandingkan pesaing
dari segi penjualan. Oleh karena itu strategi pemasaran digital dibutuhkan untuk
meningkatkan penjualan myluxgoods.id.
Untuk memecahkan masalah yang dihadapi oleh myluxgoods.id langkah yang dilakukan yaitu
mengidentifikasi situasi bisnis analasis internal dan ekternal. Analisis internal yang
digunakan adalah analisis sumberdaya dan analisis rantai nilai, pada analisis ini
mengidentifikasi dan menganalisis kekuatan dan juga kelemahan dari intternal mulai dari
proses produksi sampai proses shipping produk jam tangan ke pembeli, sedangkan analisis
eksternal yang digunakan adalah lima kekuatan porter,analisis pesaing, dan analisis SWOT
bukan hanya untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan myluxgoods.id dengan pesaingnya
tetapi juga untuk mengetahui ancaman apa yang akan dihadapi oleh myluxgoods.id.
Metode kuantitatif dengan cara menyebarkan kuisioner, analisis STP, analisis IPA digunakan
pada penelitian untuk mengetahui mengidentifikasi performa yang belum maksimal pada
myluxgoods.id. dan analisis digital marketing digunakan untuk mengetahui informasi apa saja
yang dinginkan dan dibutuhkan secara spesifik oleh calon pembeli. Berdasarkan hasil analisis
soslusi yang didaptkan adalah myluxgoods.id harus melakukan beberapa point digital
marketing diantaranya meningkatkan pada segi konten, mencoba cara SEO (Search Engine
Optimation), endorsment influencer, dan scale up promotion.
Dari hasil analisis disimpulkan digital pemasaran yang dilakukan untuk meningkatkan
penjualan adalah dengan meningkatkan brand awareness atau bisa dengan menambah biaya
promosi lebih banyak sehingga tingkat konversi antara orang yang berkunjung dengan orang
yang berbelanja dapat meningkat dengan dukungan keinginan dan kebutuhan pasar dan
memperhatikan performa dari myluxgoods.id
Perpustakaan Digital ITB