digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Perilaku berbelanja masyarakat Indonesia telah berubah dari mulai berbelanja offline menjadi berbelanja dengan sistem online hal dilansir dari hasil survei menurut PwC Indonesia tahun 2017. Survei dari rapyed.net dengan judul Asia Pacific eCommerce and payments Guide menunjukkan bahwa dalam 3 bulan terakhir produk yang dijual secara online dan banyak diminati oleh masyarakat Indonesia adalah pakaian, sepatu dan aksesoris dengan persentase 76%. Myluxgoods.id merupakan toko yang menjual aksesoris jam tangan yang fokus pada penjualan secara online karena sistem yang digunakan yaitu dropship meski menjual jam tangan secara online myluxgoods.id tetap memerhatikan keabsahan produk yang dijual. Terhitung pada 12 November 2020 Myluxgoods.id hanya dapat menjual 227 pieces jam tangan, dengan menjual produk yang sama myluxgoods.id masih kalah dibandingkan pesaing dari segi penjualan. Oleh karena itu strategi pemasaran digital dibutuhkan untuk meningkatkan penjualan myluxgoods.id. Untuk memecahkan masalah yang dihadapi oleh myluxgoods.id langkah yang dilakukan yaitu mengidentifikasi situasi bisnis analasis internal dan ekternal. Analisis internal yang digunakan adalah analisis sumberdaya dan analisis rantai nilai, pada analisis ini mengidentifikasi dan menganalisis kekuatan dan juga kelemahan dari intternal mulai dari proses produksi sampai proses shipping produk jam tangan ke pembeli, sedangkan analisis eksternal yang digunakan adalah lima kekuatan porter,analisis pesaing, dan analisis SWOT bukan hanya untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan myluxgoods.id dengan pesaingnya tetapi juga untuk mengetahui ancaman apa yang akan dihadapi oleh myluxgoods.id. Metode kuantitatif dengan cara menyebarkan kuisioner, analisis STP, analisis IPA digunakan pada penelitian untuk mengetahui mengidentifikasi performa yang belum maksimal pada myluxgoods.id. dan analisis digital marketing digunakan untuk mengetahui informasi apa saja yang dinginkan dan dibutuhkan secara spesifik oleh calon pembeli. Berdasarkan hasil analisis soslusi yang didaptkan adalah myluxgoods.id harus melakukan beberapa point digital marketing diantaranya meningkatkan pada segi konten, mencoba cara SEO (Search Engine Optimation), endorsment influencer, dan scale up promotion. Dari hasil analisis disimpulkan digital pemasaran yang dilakukan untuk meningkatkan penjualan adalah dengan meningkatkan brand awareness atau bisa dengan menambah biaya promosi lebih banyak sehingga tingkat konversi antara orang yang berkunjung dengan orang yang berbelanja dapat meningkat dengan dukungan keinginan dan kebutuhan pasar dan memperhatikan performa dari myluxgoods.id