digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Rikordias Dominius
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Rikordias Dominius
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Rikordias Dominius
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Rikordias Dominius
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Rikordias Dominius
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Rikordias Dominius
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

Sebagai portal berita, informasi dan penyedia data berfokus pada sektor migas, energi dan pertambangan di Indonesia, lini produk produk yang dimiliki Petromindo telah berbentuk digital dan cetak sejak dari awal. Akan tetapi segala lini produk mengalami penurunan penjualan selama tiga tahun terakhir. Studi ini mencari akar permasalahan penurunan ini, baik permasalahan yang berasal dari internal maupun eksternal dengan menggunakan kerangka VRIO, PESTLE, BMC dan marketing process, lalu kemudian melakukan analisa dan mengusulkan strategi bisnis yang dapat meningkatkan pendapatan Petromindo. Analisa eksternal dilakukan kepada pelanggan dan pembeli saat ini melalui kuesioner dan PESTLE, Porter Five Forces, dan industry analysis. Sedangkan analisa internal dilakukan dengan wawancara terhadap tim penjualan, wartawan, dan instrument analisis VRIO, dan marketing process. Data yang digunakan untuk analisa berasal dari data primer melalui survey, wawancara langsung, observasi, dan data sekunder berasal dari data perusahaan sejenis, artikel dan publikasi. Hasil analisa diformulasikan menjadi usulan strategi bisnis melalui proses TOWS matrix dan perumusan akar masalah. Usulan strategi bisnis disimpulkan sebagai strategi bisnis yang diusulkan dengan rencana implementasi.