digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pempek Emak Seroja adalah sebuah rumah makan yang menjual pempek sebagai ciri khasnya yang didirikan oleh Agni Hendrawati Tuah pada tahun 2018, berlokasi di Jalan Taman Ratu Kemuning Blok D11 no. 26C, Duri Kepa - Jakarta Barat, Indonesia. Restoran mereka dibuka setiap hari dari jam 10 pagi - 7 malam. Seiring berjalannya waktu, penjualan di restaurant Pempek Emak Seroja setiap bulan nya tidak stabil. Riset ini akan memberika solusi strategi pemasaran untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi Pempek Emak Seroja restaurant dalam upaya mengetahui akar permasalahan Pempek Emak Seroja dalam kesadaan merek dan menentukan strategi pemasaran untuk meningkatkan kesadaran merek dari Pempek Emak Seroja. Proyek penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dengan kombinasi data primer dan sekunder. Data primer yang didapat berasal dari interview dengan manajer restoran, karyawan dan konsumer. Penulis juga menggunakan data sekunder yang di dapat dari beberapa sumber seperti situs web, artikel, dan lain nya untuk mendukung riset ini. Penelitian ini dimulai dengan interpretasi masalah bisnis, dilanjutkan dengan menganalisa masalah pemasaran yang dibagi menjadi dua bagian: Analisis Internal dan Eksternal. Analisis Internal dilakukan menggunakan metode analisis STP, bauran pemasaran, sumber daya perusahaan. Analisis Eksternal akan dilakukan menggunakan analisis PESTEL dan Porter’s 5 forces, competitor serta konsumen analisis. Berdasarkan hasil analisis secara keseluruhan, penelitian ini menghasilkan matriks SWOT, dan mengidentifikasi akar permasalahan. di dapat ada tiga penyebab yang mengakibatkan permasalah Pempek Emak Seroja, yaitu: tidak optimalnya penggunaan digital platform, kurangnya konten marketing dan tidak ada konten kreatif. Setelah mengetahui penyebab masalah yang terjadi, maka dirumuskan beberapa alternatif solusi pada matriks TOWS. Kemudian solusi alternatif dicocokkan dengan akar permasalahan untuk menghasilkan strategi. Hasilnya, penulis mengidentifikasi bahwa digital marketing adalah kunci penting untuk masalah yang di hadapi Pempek Emak Seroja, Penelitian ini mengusulkan lima upaya untuk meningkatankan kesadaran merek dari Pempek Emak Seroja restaurant.