Pempek Emak Seroja adalah sebuah rumah makan yang menjual pempek sebagai ciri khasnya
yang didirikan oleh Agni Hendrawati Tuah pada tahun 2018, berlokasi di Jalan Taman Ratu
Kemuning Blok D11 no. 26C, Duri Kepa - Jakarta Barat, Indonesia. Restoran mereka dibuka
setiap hari dari jam 10 pagi - 7 malam. Seiring berjalannya waktu, penjualan di restaurant
Pempek Emak Seroja setiap bulan nya tidak stabil. Riset ini akan memberika solusi strategi
pemasaran untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi Pempek Emak Seroja restaurant
dalam upaya mengetahui akar permasalahan Pempek Emak Seroja dalam kesadaan merek dan
menentukan strategi pemasaran untuk meningkatkan kesadaran merek dari Pempek Emak
Seroja.
Proyek penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dengan kombinasi data primer dan
sekunder. Data primer yang didapat berasal dari interview dengan manajer restoran, karyawan
dan konsumer. Penulis juga menggunakan data sekunder yang di dapat dari beberapa sumber
seperti situs web, artikel, dan lain nya untuk mendukung riset ini. Penelitian ini dimulai dengan
interpretasi masalah bisnis, dilanjutkan dengan menganalisa masalah pemasaran yang dibagi
menjadi dua bagian: Analisis Internal dan Eksternal. Analisis Internal dilakukan menggunakan
metode analisis STP, bauran pemasaran, sumber daya perusahaan. Analisis Eksternal akan
dilakukan menggunakan analisis PESTEL dan Porter’s 5 forces, competitor serta konsumen
analisis.
Berdasarkan hasil analisis secara keseluruhan, penelitian ini menghasilkan matriks SWOT, dan
mengidentifikasi akar permasalahan. di dapat ada tiga penyebab yang mengakibatkan
permasalah Pempek Emak Seroja, yaitu: tidak optimalnya penggunaan digital platform,
kurangnya konten marketing dan tidak ada konten kreatif. Setelah mengetahui penyebab
masalah yang terjadi, maka dirumuskan beberapa alternatif solusi pada matriks TOWS.
Kemudian solusi alternatif dicocokkan dengan akar permasalahan untuk menghasilkan strategi.
Hasilnya, penulis mengidentifikasi bahwa digital marketing adalah kunci penting untuk
masalah yang di hadapi Pempek Emak Seroja, Penelitian ini mengusulkan lima upaya untuk
meningkatankan kesadaran merek dari Pempek Emak Seroja restaurant.
Perpustakaan Digital ITB