Penelitian ini mencoba menganalisis strategi bisnis industri kreatif di tengah kehadiran era industri 4.0, dalam penelitian ini secara khusus mengembangkan strategi bagi SAMA SAGA Creative and Strategic Consultant sebagai perusahaan yang bergerak di bidang manajemen acara dengan menggunakan metode penelitian kualitatif melalui wawancara dengan objek penelitian sebagai analisis eksternal dan dengan melakukan penelitian pada buku dan jurnal. Untuk analisisnya, penulis menggunakan Enam Tahapan dalam Perencanaan Kegiatan Manajemen Strategis menurut Sammut-Bonnici (2015) sebagai acuan untuk merekomendasikan strategi sebagai objek studi kasus dalam penelitian ini. Sebelum memberikan rekomendasi kepada perusahaan dari objek studi kasus ini, penulis akan menganalisis valuasi internal SAMA SAGA Creative and Strategic Consultant terlebih dahulu untuk melihat sektor apa yang menjadi fokus perusahaan. Dapat diketahui bahwa aset manusia adalah aset terpenting dari SAMA SAGA Creative and Strategic Consultant. Setelah melakukan penelitian, dapat disimpulkan bahwa ada empat manajemen bisnis strategis yang dapat dilakukan oleh SAMA SAGA Creative and Strategic Consultant di tengah kehadiran industri 4.0 ini. Dengan memberikan dukungan atau masukan kepada pihak lain yang dapat mendukung dan melengkapi layanan atau akuisisi teknologi yang membantu menjalankan bisnis, berencana untuk membuka kemitraan kontrak panjang dengan pihak atau perusahaan lain, mendukung produk lokal dan berkolaborasi dengan mitra internasional untuk berbagi referensi, berinvestasi dalam sertifikasi untuk pekerjanya, dan menggunakan aplikasi tempat kerja all-in-one bernama Notion untuk mendukung kegiatan bisnis sebagai peningkatan teknis bagi SAMA SAGA Creative and Strategic Consultant.
Sejak kehadiran industri kreatif yang memberikan kontribusi besar bagi perekonomian Indonesia dalam beberapa tahun terakhir, penelitian ini juga dapat memberikan wawasan bisnis atau peluang bagi industri kreatif lain untuk mempertahankan atau mengembangkan keberlangsungan usahanya.
Perpustakaan Digital ITB