digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Industri musik merupakan bagian dari industri hiburan yanng sangat memiliki potensi besar dan tidak akan pernah ada habisnya untuk digali. Dalam era informatika sekarang ini dalam mendengarkan dan membeli karya dari para musisi, album fisik sudah mulai tergantikan oleh karya dalam bentuk digital yang lebih praktis dan mudah untuk digunakan oleh manusia. Penggunaan teknologi informatika selain sebagai cara untuk mendistribusikan karya juga merupakan hal utama dalam mendapatkan kesadaran masyarakat akan perusahaan yang bergerak di berbagai industri terutama industri musik. Social media yang saat ini merupakan media utama yang mayoritas di gunakan manusia dalam kehidupan sehari-hari dapat dijadikan alat utama bagi perusahaan untuk mendapatkan kesadaran pasar dan atensi dari masyarakat. Wizard Music merupakan label rekaman dan pelaku pementasan musik baru yang mencoba melakukan penetrasi pasar ke dalam industri musik. Sebagai label rekaman yang sedang mencoba melakukan penetrasi pasar, penelitian ini dibuat untuk mendapatkan faktor-faktor apa saja yang dapat menarik minat dan kesadaran pasar akan seniman baru melalui social media. Dalam penelitian ini juga diteliti faktor-faktor pendukung selain konten utama yang disukai oleh target pasar yang dituju. Selain itu penelitian ini mencoba untuk mendapatkan konten social media yang tepat untuk diterapkan oleh Wizard Music dalam melakukan penetrasi pasar yang dituju Pada penelitian ini, dilakukan metode analisis kualitatif terhadap kondisi internal dan keadaan eksternal dalam perusahaan. Peneliti juga mencoba menyelesaikan permasalahan dan memanfaatkan kekuatan serta peluang dengan menggunakan matrix TOWS. Setelah melakukan analisis yang dibutuhkan, dan wawancara mendalam terhadap target pasar, ditemukan bahwa social media yang paling tepat untuk melakukan promosi bagi Wizard Music adalah Instagram. Dalam melakukan promosi akan karya yang diedarkan, perusahaan juga harus membuat konten-konten pendukung yang menarik seperti konten menunjukkan kehidupan sehari-hari yang sangat disukai oleh pasar. Melalui penelitian ini ditemukan juga bahwa biarpun media digital merupakan pilihan utama pasar, namun media fisik seperti album fisik, dan media radio juga masi disukai oleh kebanyakan target pasar yang dituju.