Industri musik merupakan bagian dari industri hiburan yanng sangat memiliki potensi
besar dan tidak akan pernah ada habisnya untuk digali. Dalam era informatika sekarang
ini dalam mendengarkan dan membeli karya dari para musisi, album fisik sudah mulai
tergantikan oleh karya dalam bentuk digital yang lebih praktis dan mudah untuk
digunakan oleh manusia. Penggunaan teknologi informatika selain sebagai cara untuk
mendistribusikan karya juga merupakan hal utama dalam mendapatkan kesadaran
masyarakat akan perusahaan yang bergerak di berbagai industri terutama industri musik.
Social media yang saat ini merupakan media utama yang mayoritas di gunakan manusia
dalam kehidupan sehari-hari dapat dijadikan alat utama bagi perusahaan untuk
mendapatkan kesadaran pasar dan atensi dari masyarakat.
Wizard Music merupakan label rekaman dan pelaku pementasan musik baru yang
mencoba melakukan penetrasi pasar ke dalam industri musik. Sebagai label rekaman
yang sedang mencoba melakukan penetrasi pasar, penelitian ini dibuat untuk
mendapatkan faktor-faktor apa saja yang dapat menarik minat dan kesadaran pasar akan
seniman baru melalui social media. Dalam penelitian ini juga diteliti faktor-faktor
pendukung selain konten utama yang disukai oleh target pasar yang dituju. Selain itu
penelitian ini mencoba untuk mendapatkan konten social media yang tepat untuk
diterapkan oleh Wizard Music dalam melakukan penetrasi pasar yang dituju
Pada penelitian ini, dilakukan metode analisis kualitatif terhadap kondisi internal dan
keadaan eksternal dalam perusahaan. Peneliti juga mencoba menyelesaikan permasalahan
dan memanfaatkan kekuatan serta peluang dengan menggunakan matrix TOWS. Setelah
melakukan analisis yang dibutuhkan, dan wawancara mendalam terhadap target pasar,
ditemukan bahwa social media yang paling tepat untuk melakukan promosi bagi Wizard
Music adalah Instagram. Dalam melakukan promosi akan karya yang diedarkan,
perusahaan juga harus membuat konten-konten pendukung yang menarik seperti konten
menunjukkan kehidupan sehari-hari yang sangat disukai oleh pasar. Melalui penelitian
ini ditemukan juga bahwa biarpun media digital merupakan pilihan utama pasar, namun
media fisik seperti album fisik, dan media radio juga masi disukai oleh kebanyakan target
pasar yang dituju.