digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

E.Look atau Embellish Look adalah salah satu brand di Indonesia yang menjual outfit untuk wanita dewasa muda sejak tahun 2015 yang awalnya fokus pada penjualan online. Setelah menjalankan bisnisnya selama 4 tahun, penjualan E. Look mengalami penurunan di tahun 2019, menghadapi persaingan yang semakin ketat. Di sisi lain, saat E.Look mengalami penurunan penjualan, jumlah pengguna internet, dan juga jumlah produk yang dijual secara online di Indonesia meningkat pesat. Produk fesyen juga menjadi produk terpopuler yang dibeli secara online pada tahun 2019, yang meningkat 54% dari tahun sebelumnya. Hal inilah yang menjadi fokus permasalahan bagi E. Look hingga saat ini, karena E.Look mengalami penurunan bukannya peningkatan. Penelitian ini bertujuan untuk membuat strategi pemasaran yang lebih baik bagi E. Look dengan melakukan analisis pada aspek-aspek internal dan eksternal dari E.Look. Untuk analisis internal, penulis akan menggunakan Analisis PDB (Positioning, Diferensiasi, Branding), dan untuk analisis eksternal, penulis akan menggunakan Analisis Porter’s Five Forces untuk mengidentifikasi aspek-aspek kunci dari kekuatan kompetitif yang berdampak pada E.Look, analisis kompetitor untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan E. Look diantara kompetitornya, dan analisis konsumen khususnya perilaku pembelian konsumennya, sehingga E. Look akan dapat mengetahui perspektif konsumen dan calon konsumen, seperti apa yang mereka sukai dan inginkan dari fashion produk, perilaku pembelian mereka terhadap belanja online, dan strategi pemasaran apa yang terbaik untuk mendekati mereka. Selanjutnya hasil analisis tersebut akan digunakan untuk menganalisis kekuatan, kelemahan, ancaman, dan peluang E.Look kemudian menentukan kuadran SWOT berdasarkan perhitungan analisis SWOT untuk membuat strategi. Dari analisa SWOT penulis menemukan bahwa E.Look sudah berada pada posisi yang kuat dan cenderung, sehingga sangat memungkinkan bagi E. Look untuk berkembang, meningkatkan pertumbuhan dan mencapai kemajuan yang maksimal. Dan strategi terbaik yang diambil dalam situasi ini adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif. Jadi untuk mencapai kemajuan yang maksimal pada E.Look, penulis membuat bauran pemasaran yang baru dan terintegrasi untuk E.Look, strategi ini terdiri dari 7P: menciptakan nilai produk yang lebih baik, harga stabil dengan mendorong biaya produksi, menjangkau lebih banyak pelanggan dengan memilih tempat yang efektif, menciptakan promosi yang efektif melalui komunikasi pemasaran yang terintegrasi, proses belanja yang lebih nyaman bagi pelanggan dengan menyediakan proses belanja yang lebih mudah, pelatihan dan rekrutmen untuk memiliki kualitas orang yang lebih baik, dan memiliki bukti fisik online dan offline yang bagus untuk menarik lebih banyak pelanggan. Dari strategi pemasaran ini diharapkan E.Look dapat bersaing di pasar, menarik lebih banyak pelanggan, dan berkembang pesat setiap tahunnya.