E.Look atau Embellish Look adalah salah satu brand di Indonesia yang menjual outfit untuk wanita
dewasa muda sejak tahun 2015 yang awalnya fokus pada penjualan online. Setelah menjalankan
bisnisnya selama 4 tahun, penjualan E. Look mengalami penurunan di tahun 2019, menghadapi
persaingan yang semakin ketat. Di sisi lain, saat E.Look mengalami penurunan penjualan, jumlah
pengguna internet, dan juga jumlah produk yang dijual secara online di Indonesia meningkat pesat.
Produk fesyen juga menjadi produk terpopuler yang dibeli secara online pada tahun 2019, yang
meningkat 54% dari tahun sebelumnya. Hal inilah yang menjadi fokus permasalahan bagi E. Look
hingga saat ini, karena E.Look mengalami penurunan bukannya peningkatan.
Penelitian ini bertujuan untuk membuat strategi pemasaran yang lebih baik bagi E. Look dengan
melakukan analisis pada aspek-aspek internal dan eksternal dari E.Look. Untuk analisis internal, penulis
akan menggunakan Analisis PDB (Positioning, Diferensiasi, Branding), dan untuk analisis eksternal,
penulis akan menggunakan Analisis Porter’s Five Forces untuk mengidentifikasi aspek-aspek kunci
dari kekuatan kompetitif yang berdampak pada E.Look, analisis kompetitor untuk mengetahui
kelebihan dan kekurangan E. Look diantara kompetitornya, dan analisis konsumen khususnya perilaku
pembelian konsumennya, sehingga E. Look akan dapat mengetahui perspektif konsumen dan calon
konsumen, seperti apa yang mereka sukai dan inginkan dari fashion produk, perilaku pembelian mereka
terhadap belanja online, dan strategi pemasaran apa yang terbaik untuk mendekati mereka. Selanjutnya
hasil analisis tersebut akan digunakan untuk menganalisis kekuatan, kelemahan, ancaman, dan peluang
E.Look kemudian menentukan kuadran SWOT berdasarkan perhitungan analisis SWOT untuk
membuat strategi. Dari analisa SWOT penulis menemukan bahwa E.Look sudah berada pada posisi
yang kuat dan cenderung, sehingga sangat memungkinkan bagi E. Look untuk berkembang,
meningkatkan pertumbuhan dan mencapai kemajuan yang maksimal. Dan strategi terbaik yang diambil
dalam situasi ini adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif.
Jadi untuk mencapai kemajuan yang maksimal pada E.Look, penulis membuat bauran pemasaran yang
baru dan terintegrasi untuk E.Look, strategi ini terdiri dari 7P: menciptakan nilai produk yang lebih
baik, harga stabil dengan mendorong biaya produksi, menjangkau lebih banyak pelanggan dengan
memilih tempat yang efektif, menciptakan promosi yang efektif melalui komunikasi pemasaran yang
terintegrasi, proses belanja yang lebih nyaman bagi pelanggan dengan menyediakan proses belanja yang
lebih mudah, pelatihan dan rekrutmen untuk memiliki kualitas orang yang lebih baik, dan memiliki
bukti fisik online dan offline yang bagus untuk menarik lebih banyak pelanggan. Dari strategi
pemasaran ini diharapkan E.Look dapat bersaing di pasar, menarik lebih banyak pelanggan, dan
berkembang pesat setiap tahunnya.
Perpustakaan Digital ITB