digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Saat ini industri TIK terus mengalami kemajuan yang pesat. Ditambah pengguna internet di Indonesia terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Terjadinya fenomena tersebut membuat pusat data semakin dibutuhkan saat ini oleh sebagian besar pelaku usaha di bidang TIK. Selain itu, pemerintah Indonesia juga mendorong seluruh pelaku usaha baik lokal maupun internasional yang ada di Indonesia harus meletakkan servernya di pusat data di Indonesia. Namun, seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan pusat data menyebabkan banyaknya pemain TIK lokal atau internasional berlomba-lomba untuk membangun pusat data di Indonesia. Unit Bisnis Grosir di Jawa Barat adalah salah satu divisi dari PT Reliability yang berfokus pada penyediaan layanan data center untuk pelanggan segmen grosir di wilayah Jawa Barat. Namun, Unit Bisnis Grosir di Jawa Barat mengalami kinerja pendapatan yang fluktuaktif untuk layanan pusat datanya di Bandung pada tahun 2019-2020, dan diperburuk dengan tidak tercapainya target pendapatan di tahun 2019. Untuk mengatasi permasalahan bisnis tersebut, penilitian ini akan merumuskan strategi pemasaran yang tepat dengan cara menganalisis lingkungan eksternal dan internal dari Unit Bisnis Grosir PT Reliability di Jawa Barat melalui pengumpulan data primer dan sekunder. Hasil dari analisis lingkungan adalah kekuatan, kelemahan, ancaman, dan peluang (SWOT) dari pusat data Reliability di Bandung. Setelah menyimpulkan akar permasalahan dari analisa SWOT, rencana strategi pemasaran ini disusun. Rencana ini berisi kegiatan pemasaran yang tepat untuk Unit Bisnis Grosir di Jawa Barat, yaitu dengan melakukan pemasaran sinergi dengan kantor cabangnya PT Reliability yang tersebar di Jawa Barat, pemanfaatan social media, program loyalitas pelanggan, dan membuat pemasaran di media promosi lainnya. Keempat strategi tersebut merupaka solusi yang efektif untuk menarik pelanggan baru guna meningkatkan pendapatannya dari pusat data untuk mencapai target pendapatan yang ditetapkan.