digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

REYD Muslimah Sportwear adalah sebuah bisnis yang bergerak di dunia pakaian utamanya Hijab yang digunakan oleh Muslimah. Dibangun sejak tahun 2013 dalam bentuk UMKM dan menjadi sebuah perusahaan sejak tahun 2017. Pada tahun 2019-2020 tren penjualan perusahaan mengalami beberapa tantangan. Saat ini REYD Muslimah Sportwear, mengandalkan tiga channel utama dalam penjualannya yaitu dengan Event rutin bulanan, melalui reseller/retail di beberapa kota di Indonesia serta penjualan sendiri yang dilakukan dengan cara online. Tingkat penjualan tiap bulannya fluktuatif dan adapula yang mengalami penurunan drastis. Oleh karena itu, Analisa internal dan eksternal dilakukan untuk megetahui akar permasalahan dari performa penjualan yang buruk yang dialami oleh REYD Muslimah Sportwear. Analisa Internal dilakukan dengan cara melakukan Analisa pada penetapan strategi STP dan Marketing Mix 4P. Kemudian untuk Analisa eksternal dilakukan dengan cara melakukan Analisa Porter’s Five Forces, Analisa kompetitor dan Analisa konsumen. Untuk mendapatkan Analisa-analisa tersebut dilakukan riset dengan data primer dan sekunder dengan metode kuatitatif dan kualitatif. Dari hasil Analisa internal dan ekternal didapatkan masalah-masalah yang mendasari penyebab kurangnya performa penjualan pada tahun 2019-2020. Adapun faktor-faktor penyebab akar permaslaahn tersebut terdiri dari empat faktor yaitu dari segi targeting, produk, promosi dan tempat dari bisnis REYD Muslimah Sportwear. Oleh karena itu, penulis mengusulkan strategi STP baru agar strategi pemasaran yang akan dilakukan dapat berjalan dengan lebih tepat. Setelah itu penulis juga mengusulkan 3 strategi Bauran Pemasaran dari 4P yaitu Produk, Promosi dan Tempat. Dengan diberikannya rekomendasi-rekomendasi, diharapkan terjadi aktivitas marketing yang lebih baik sehingga dapat menaikkan performa penjualan dan menambah prodit bagi perusahaan.