REYD Muslimah Sportwear adalah sebuah bisnis yang bergerak di dunia pakaian utamanya Hijab yang
digunakan oleh Muslimah. Dibangun sejak tahun 2013 dalam bentuk UMKM dan menjadi sebuah
perusahaan sejak tahun 2017. Pada tahun 2019-2020 tren penjualan perusahaan mengalami beberapa
tantangan. Saat ini REYD Muslimah Sportwear, mengandalkan tiga channel utama dalam penjualannya
yaitu dengan Event rutin bulanan, melalui reseller/retail di beberapa kota di Indonesia serta penjualan
sendiri yang dilakukan dengan cara online. Tingkat penjualan tiap bulannya fluktuatif dan adapula yang
mengalami penurunan drastis.
Oleh karena itu, Analisa internal dan eksternal dilakukan untuk megetahui akar permasalahan dari
performa penjualan yang buruk yang dialami oleh REYD Muslimah Sportwear. Analisa Internal
dilakukan dengan cara melakukan Analisa pada penetapan strategi STP dan Marketing Mix 4P.
Kemudian untuk Analisa eksternal dilakukan dengan cara melakukan Analisa Porter’s Five Forces,
Analisa kompetitor dan Analisa konsumen. Untuk mendapatkan Analisa-analisa tersebut dilakukan riset
dengan data primer dan sekunder dengan metode kuatitatif dan kualitatif.
Dari hasil Analisa internal dan ekternal didapatkan masalah-masalah yang mendasari penyebab
kurangnya performa penjualan pada tahun 2019-2020. Adapun faktor-faktor penyebab akar
permaslaahn tersebut terdiri dari empat faktor yaitu dari segi targeting, produk, promosi dan tempat dari
bisnis REYD Muslimah Sportwear.
Oleh karena itu, penulis mengusulkan strategi STP baru agar strategi pemasaran yang akan dilakukan
dapat berjalan dengan lebih tepat. Setelah itu penulis juga mengusulkan 3 strategi Bauran Pemasaran
dari 4P yaitu Produk, Promosi dan Tempat. Dengan diberikannya rekomendasi-rekomendasi,
diharapkan terjadi aktivitas marketing yang lebih baik sehingga dapat menaikkan performa penjualan
dan menambah prodit bagi perusahaan.