Sebagai penghasil kopi terbesar keempat di dunia dengan peningkatan konsumsi kopi dalam negeri,
Indonesia menjadi pasar potensial bagi wiraswasta untuk masuk ke dalam industri kopi. Imaji Kopi
merupakan kedai kopi di Bontang, yang menyajikan bermacam kopi berkualitas tinggi, yang didirikan
oleh Febri Aji Saputra pada bulan Oktober 2016. Imaji Kopi menghadapi permasalahan bisnis terkait
fluktuasi penjualan tahun 2018-2020 dengan kecenderungan penurunan penjualan. Tujuan penelitian ini
adalah untuk menentukan strategi pemasaran yang efektif bagi Imaji Kopi untuk meningkatkan
pertumbuhan pendapatan dan menyusun rencana penerapan strategi pemasaran yang diusulkan. Data
primer untuk penelitian ini dilakukan melalui wawancara, survei, dan pengamatan. Data sekunder
diperoleh dari sumber terpercaya di internet, berita, jurnal, artikel, dan buku.
Analisis lingkungan eksternal menggunakan analisa lingkungan umum dan industri digunakan untk
mengidentifikasi apakah industri kopi di Bontang masih menarik atau tidak. Berdasarkan hasil analisis
eksternal, industri kopi di Bontang masih mempunyai kesempatan yang besar untuk berkembang tetapi
cukup menantang dan kompetitif akibat persaingan yang semakin ketat. Berdasarkan analisis organisasi
internal menggunakan kerangka VRIO dan analisis Value Chain, Imaji Kopi memiliki beberapa
keunggulan kompetitif, seperti kopi kualitas premium, ekuitas merk, pengetahuan kopi mendalam, dan
pelanggan yang setia.
Analisis lingkungan eksternal dan internal organisasi merupakan masukan berharga untuk analisis
SWOT untuk menentukan faktor strategis untuk Imaji Kopi dalam menjalankan usaha di industri kopi
di Bontang. Analisis TOWS, pendekatan STP, marketing mix 7P, dan strategi produk-pasar digunakan
untuk mengembangkan alternatif strategi pemasaran untuk Imaji Kopi. Strategi tingkat bisnis untuk
Imaji Kopi berdasarkan keunggulan kompetitif dan cakupan kompetitif adalah menggunakan strategi
diferensiasi. Usulan strategi pemasaran untuk Imaji Kopi dalam peningkatan pertumbuhan pendapatan
adalah menjaga kualitas kopi dan keahlian barista, optimasi kanal media sosial, membangun program
loyalitas dan kebijakan harga spesial, menjajaki basis pelanggan baru, mengembangkan produk baru,
dan menerapkan program retensi karyawan dan bonus kinerja.
Usulan strategi pemasaran, rencana tindakan, dan linimasa akan didokumentasikan dalam rencana
penerapan. Dokumen ini akan membantu Imaji Kopi tetap pada jalur yang benar selama penerapan
usulan strategi pemasaran.