Article Details

USULAN STRATEGI PEMASARAN IMAJI KOPI UNTUK MENINGKATKAN PERTUMBUHAN PENDAPATAN

Oleh   Inta Wiyatmoko [29116322]
Kontributor / Dosen Pembimbing : Prawira Fajarindra Belgiawan, S.T., M.Eng., Ph.D.;
Jenis Koleksi : S2 - Tesis
Penerbit : Magister Bisnis dan Administrasi - Teknologi
Fakultas : Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM)
Subjek : General management
Kata Kunci : kedai kopi, strategi pemasaran, pendapatan, TOWS, produk-pasar
Sumber :
Staf Input/Edit : Yose Ali Rahman   Ena Sukmana
File : 1 file
Tanggal Input : 2021-02-23 11:09:44

Sebagai penghasil kopi terbesar keempat di dunia dengan peningkatan konsumsi kopi dalam negeri, Indonesia menjadi pasar potensial bagi wiraswasta untuk masuk ke dalam industri kopi. Imaji Kopi merupakan kedai kopi di Bontang, yang menyajikan bermacam kopi berkualitas tinggi, yang didirikan oleh Febri Aji Saputra pada bulan Oktober 2016. Imaji Kopi menghadapi permasalahan bisnis terkait fluktuasi penjualan tahun 2018-2020 dengan kecenderungan penurunan penjualan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan strategi pemasaran yang efektif bagi Imaji Kopi untuk meningkatkan pertumbuhan pendapatan dan menyusun rencana penerapan strategi pemasaran yang diusulkan. Data primer untuk penelitian ini dilakukan melalui wawancara, survei, dan pengamatan. Data sekunder diperoleh dari sumber terpercaya di internet, berita, jurnal, artikel, dan buku. Analisis lingkungan eksternal menggunakan analisa lingkungan umum dan industri digunakan untk mengidentifikasi apakah industri kopi di Bontang masih menarik atau tidak. Berdasarkan hasil analisis eksternal, industri kopi di Bontang masih mempunyai kesempatan yang besar untuk berkembang tetapi cukup menantang dan kompetitif akibat persaingan yang semakin ketat. Berdasarkan analisis organisasi internal menggunakan kerangka VRIO dan analisis Value Chain, Imaji Kopi memiliki beberapa keunggulan kompetitif, seperti kopi kualitas premium, ekuitas merk, pengetahuan kopi mendalam, dan pelanggan yang setia. Analisis lingkungan eksternal dan internal organisasi merupakan masukan berharga untuk analisis SWOT untuk menentukan faktor strategis untuk Imaji Kopi dalam menjalankan usaha di industri kopi di Bontang. Analisis TOWS, pendekatan STP, marketing mix 7P, dan strategi produk-pasar digunakan untuk mengembangkan alternatif strategi pemasaran untuk Imaji Kopi. Strategi tingkat bisnis untuk Imaji Kopi berdasarkan keunggulan kompetitif dan cakupan kompetitif adalah menggunakan strategi diferensiasi. Usulan strategi pemasaran untuk Imaji Kopi dalam peningkatan pertumbuhan pendapatan adalah menjaga kualitas kopi dan keahlian barista, optimasi kanal media sosial, membangun program loyalitas dan kebijakan harga spesial, menjajaki basis pelanggan baru, mengembangkan produk baru, dan menerapkan program retensi karyawan dan bonus kinerja. Usulan strategi pemasaran, rencana tindakan, dan linimasa akan didokumentasikan dalam rencana penerapan. Dokumen ini akan membantu Imaji Kopi tetap pada jalur yang benar selama penerapan usulan strategi pemasaran.