Strategi pemasaran memiliki peran penting dalam suatu perusahaan. Strategi Pemasaran adalah pola
pikir pemasaran yang akan digunakan untuk mencapai tujuan pemasarannya. Strategi pemasaran
memuat strategi khusus untuk pasar sasaran, positioning, bauran pemasaran dan besarnya biaya
pemasaran. Strategi pemasaran dan kesadaran merek sebenarnya saling terkait satu sama lain, terbukti
ketika strategi pemasaran khususnya dalam komunikasi pemasaran dapat mempengaruhi kesadaran
merek jika semua elemen yang terlibat di dalamnya memainkan peran dan fungsi yang optimal. Begitu
juga pada PT. Siliwangi Harley Davidson, strategi pemasaran sangat penting untuk menciptakan
kesadaran merek guna mendukung penjualan produk. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan
strategi pemasaran terbaik kepada PT. Siliwangi Harley Davidson dalam rangka meningkatkan
kesadaran merek pada PT. Siliwangi Harley Davidson khususnya di Jawa Barat sebagai target pasarnya,
informasi kunci diperoleh dari pembagian formulir ke tiga puluh sampel sembarang orang di Jawa Barat
dan juga dari karyawan PT. Siliwangi Harley Davidson yang berkaitan dengan strategi pemasaran.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode fenomenologi. Wawancara
mendalam digunakan untuk mendapatkan informasi yang mendalam tentang pemasaran PT. Siliwangi
Harley Davidson dari informan. Pengolahan data dilakukan dengan dua tahap yaitu analisis tekstur dan
kemudian analisis struktural. Hasil analisis tekstur menunjukkan bahwa PT. Siliwangi Harley Davidson
telah melakukan empat strategi pemasaran yaitu strategi pemasaran acara, strategi pemasaran offline,
strategi pemasaran media sosial, strategi pemasaran rujukan, dan strategi pemasaran SEO. Mereka
belum melakukan dua strategi pemasaran lagi yaitu strategi pemasaran inbound dan strategi pemasaran
email. SWOT dan TOWS pada PT. Siliwangi Harley Davidson juga ikut serta dianalisa dalam
penelitian ini untuk akhirnya mendapatkan saran yang berguna untuk membuat strategi pemasaran
terbaik pada PT. Siliwangi Harley Davidson.
Perpustakaan Digital ITB