Pesatnya perkembangan perangkat keras dan perangkat lunak, dan keinginan untuk
membuat semuanya menjadi hemat biaya, mendorong bisnis konsultan Teknologi
Informasi untuk saling bersaing dengan memberikan layanan dan kualitas terbaik
bagi klien mereka agar tetap eksis di Industri ini. Membangun Hubungan Pelanggan
yang Baik Manajemen adalah salah satu kunci utama untuk memiliki wawasan yang
lebih dalam tentang klien mereka.
Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berpotensi muncul
yang menyebabkan rendahnya retensi pelanggan dan memberikan penilaian pada
setiap pelanggan untuk keperluan segmentasi serta strategi terbaik bagi 4Vision
Media untuk meningkatkan retensi pelanggan.
Pendekatan penelitian kualitatif yang digunakan dalam tugas akhir ini dirancang
untuk memastikan pemahaman mendalam tentang peran perusahaan dan situasi
yang mendukung eksplorasi variabel yang mungkin terjadi yang relevan dengan
sektor penyedia layanan dan hubungan pelanggan untuk meningkatkan retensi
pelanggan dan tugas akhir ini didukung oleh data primer dan sekunder.
Kunci kesuksesan dalam CRM adalah membangun komunikasi yang baik dengan
pelanggan. Upaya untuk selalu memuaskan pelanggan adalah kunci keberhasilan
CRM dan tujuan 4Vision untuk meningkatkan retensi pelanggan dapat dicapai.