digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pesatnya perkembangan perangkat keras dan perangkat lunak, dan keinginan untuk membuat semuanya menjadi hemat biaya, mendorong bisnis konsultan Teknologi Informasi untuk saling bersaing dengan memberikan layanan dan kualitas terbaik bagi klien mereka agar tetap eksis di Industri ini. Membangun Hubungan Pelanggan yang Baik Manajemen adalah salah satu kunci utama untuk memiliki wawasan yang lebih dalam tentang klien mereka. Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berpotensi muncul yang menyebabkan rendahnya retensi pelanggan dan memberikan penilaian pada setiap pelanggan untuk keperluan segmentasi serta strategi terbaik bagi 4Vision Media untuk meningkatkan retensi pelanggan. Pendekatan penelitian kualitatif yang digunakan dalam tugas akhir ini dirancang untuk memastikan pemahaman mendalam tentang peran perusahaan dan situasi yang mendukung eksplorasi variabel yang mungkin terjadi yang relevan dengan sektor penyedia layanan dan hubungan pelanggan untuk meningkatkan retensi pelanggan dan tugas akhir ini didukung oleh data primer dan sekunder. Kunci kesuksesan dalam CRM adalah membangun komunikasi yang baik dengan pelanggan. Upaya untuk selalu memuaskan pelanggan adalah kunci keberhasilan CRM dan tujuan 4Vision untuk meningkatkan retensi pelanggan dapat dicapai.