digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Locarvest (local harvest) merupakah perusahaan rintisan dibidang e-commerce produk segar pertanian. Locarvest telah berjalan semenjak 2015, pada awalnya fokus untuk pemenuhan kebutuhan b2b dan b2c. permasalahan yang terjadi saat ini di Locarvest adalah tidak terpenuhinya target pendapatan tahun 2019 yang hanya mencapai 69.26% dari target pendapatan. permasalahan ini datang dari berbagai faktor yang mempengaruhi seperti: pemasaran, informasi dan teknologi, operational, finance dan lingkungan eksternal. Untuk dapat mengatasi masalah ini, Locarvest perlu memiliki strategi yang tepat. Penelitian ini menggunakan proses manajemen strategik dengan merumuskan strategi yang tepat agar target Locarvest tercapai, dengan mengedepankan keunggulan competitive yang dimiliki perusahaan. Tahapan dari proses manajemen strategik ini terdiri dari proses analisis lingkungan, perumusan strategi dan implementasi strategi. data yang digunakan penulis merupakan data primer dan sekunder yang terdiri dari kuesioner, interview, riset internet, dan laporan perusahaan. Riset ini menghasilkan 5 implementasi strategi yang bertujuan untuk meningkatkan pangsa pasar dan pendapatan Locarvest yang dihasilkan dari analisis eksternal dan analisis internal. Analisis eksternal meliputi analisis PEST, Kuesioner analisis dan Analisis kompetitor, sedangkan Value Chain Analisis, STP Analisis dan Marketing Mix 7P Analisis digunakan untuk menganalisa faktor internal perusahaan. Rangkaian analisi diatas disimpulkan dalam analisis SWOT yang kemudian dirumuskan kedalam kerangka TOWS Matriks yang bertujuan untuk menghasilkan usulan strategi bisnis Locarvest. Usulan tersebut kemudian akan disimpulkan kedalam usulan Business Model Canvas.