Locarvest (local harvest) merupakah perusahaan rintisan dibidang e-commerce
produk segar pertanian. Locarvest telah berjalan semenjak 2015, pada awalnya fokus
untuk pemenuhan kebutuhan b2b dan b2c. permasalahan yang terjadi saat ini di
Locarvest adalah tidak terpenuhinya target pendapatan tahun 2019 yang hanya
mencapai 69.26% dari target pendapatan. permasalahan ini datang dari berbagai
faktor yang mempengaruhi seperti: pemasaran, informasi dan teknologi, operational,
finance dan lingkungan eksternal.
Untuk dapat mengatasi masalah ini, Locarvest perlu memiliki strategi yang tepat.
Penelitian ini menggunakan proses manajemen strategik dengan merumuskan
strategi yang tepat agar target Locarvest tercapai, dengan mengedepankan
keunggulan competitive yang dimiliki perusahaan. Tahapan dari proses manajemen
strategik ini terdiri dari proses analisis lingkungan, perumusan strategi dan
implementasi strategi. data yang digunakan penulis merupakan data primer dan
sekunder yang terdiri dari kuesioner, interview, riset internet, dan laporan
perusahaan.
Riset ini menghasilkan 5 implementasi strategi yang bertujuan untuk meningkatkan
pangsa pasar dan pendapatan Locarvest yang dihasilkan dari analisis eksternal dan
analisis internal. Analisis eksternal meliputi analisis PEST, Kuesioner analisis dan
Analisis kompetitor, sedangkan Value Chain Analisis, STP Analisis dan Marketing
Mix 7P Analisis digunakan untuk menganalisa faktor internal perusahaan. Rangkaian
analisi diatas disimpulkan dalam analisis SWOT yang kemudian dirumuskan
kedalam kerangka TOWS Matriks yang bertujuan untuk menghasilkan usulan
strategi bisnis Locarvest. Usulan tersebut kemudian akan disimpulkan kedalam
usulan Business Model Canvas.