Hotel Bumi Sawunggaling adalah salah satu hotel lokal di Bandung dibawah naungan Badan Pengelola
Usaha dan Dana Lestari (BPUPDL). Berada di lokasi yang strategis, hotel ini menggunakan konsep
hotel heritage. Pada tahun 2017-2019, Hotel Bumi Sawunggaling mengalami penurunan performa. Hal
ini disebabkan oleh menurunkan tingkat hunian kamar yang menyebebakan menurunnya pendapatan
secara keseluruhan. Semakin banyak munculnya penginapan lokal juga meningkatkan persaingan antar
hotel dengan target pasar yang sama.
Seluruh data yang digunakan pada penelitian ini merupakan kualitatif dan berasal dari data primer dan
data sekunder. Data primer didapatkan melalui wawancara dengan pihak manajemen hotel bumi
sawugngaling dan kebutuhan data internal seperti data tingkat hunian kamar dan laporan keuangan.
Sementara itu data sekunder berasal dari literatur studi, berita serta jurnal yang berkaitan.
Penelitian ini bertujuan untuk membantu Hotel Bumi Sawunggaling, untuk meningkatkan tingkat
hunian kamar sehingga dapat bertahan dalam bisnis di industri ini. Beberapa strategi akan digunakan
dalam penelitian ini untuk meningkatkan tingkat hunian kamar. Dalam penelitian ini penulis akan
mengidentifikasi masalah melalui analysis PEST, competitor analysis, customer analysis serta virtual
hotel operator analisis dan bisnis model kanvas. Dari hasil analisis, penulis menemukan bahwa terdapat
kondisi tidak ideal yaitu kurang memaksimalkan kegiatan pemasaran, sehingga tingginya konsumen
walk-in.
Setelah melakukan prosedur untuk analisis terkait isu perusahaan, penulis Menyusun alternatif solusi
yang dapat disusulkan untuk dapat meningkatkan tingkat okupansi serta pendapatan hotel melalui
strategi pemasaran. Penulis menyusun strategi melalui business process management, new wave
marketing, dan sustainability strategi. Dengan strategi ini, kegiatan pemasaran yang dilakukan dapat
lebih berfokus dengan komunitas seperti business traveller. Bumi Sawunggaling hotel juga harus
melakukan kegiatan tambahan seperti mengaktifkan kembali social media serta website, memperbarui
interior serta bekerja sama dengan pihak yang bisa mendukung kegiatan pemasaran hotel.