digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Hotel Bumi Sawunggaling adalah salah satu hotel lokal di Bandung dibawah naungan Badan Pengelola Usaha dan Dana Lestari (BPUPDL). Berada di lokasi yang strategis, hotel ini menggunakan konsep hotel heritage. Pada tahun 2017-2019, Hotel Bumi Sawunggaling mengalami penurunan performa. Hal ini disebabkan oleh menurunkan tingkat hunian kamar yang menyebebakan menurunnya pendapatan secara keseluruhan. Semakin banyak munculnya penginapan lokal juga meningkatkan persaingan antar hotel dengan target pasar yang sama. Seluruh data yang digunakan pada penelitian ini merupakan kualitatif dan berasal dari data primer dan data sekunder. Data primer didapatkan melalui wawancara dengan pihak manajemen hotel bumi sawugngaling dan kebutuhan data internal seperti data tingkat hunian kamar dan laporan keuangan. Sementara itu data sekunder berasal dari literatur studi, berita serta jurnal yang berkaitan. Penelitian ini bertujuan untuk membantu Hotel Bumi Sawunggaling, untuk meningkatkan tingkat hunian kamar sehingga dapat bertahan dalam bisnis di industri ini. Beberapa strategi akan digunakan dalam penelitian ini untuk meningkatkan tingkat hunian kamar. Dalam penelitian ini penulis akan mengidentifikasi masalah melalui analysis PEST, competitor analysis, customer analysis serta virtual hotel operator analisis dan bisnis model kanvas. Dari hasil analisis, penulis menemukan bahwa terdapat kondisi tidak ideal yaitu kurang memaksimalkan kegiatan pemasaran, sehingga tingginya konsumen walk-in. Setelah melakukan prosedur untuk analisis terkait isu perusahaan, penulis Menyusun alternatif solusi yang dapat disusulkan untuk dapat meningkatkan tingkat okupansi serta pendapatan hotel melalui strategi pemasaran. Penulis menyusun strategi melalui business process management, new wave marketing, dan sustainability strategi. Dengan strategi ini, kegiatan pemasaran yang dilakukan dapat lebih berfokus dengan komunitas seperti business traveller. Bumi Sawunggaling hotel juga harus melakukan kegiatan tambahan seperti mengaktifkan kembali social media serta website, memperbarui interior serta bekerja sama dengan pihak yang bisa mendukung kegiatan pemasaran hotel.