2020_TS_PP_Aulia Widya Bestari Wibisono_1-Abstrak.pdf)u
PUBLIC Open In Flipbook Yose Ali Rahman
Dengan munculnya perubahan teknologi dan sosial, persaingan antara perusahaan dalam industri
penerbitan menjadi lebih intens. Jumlah penerbit di Indonesia terus meningkat, sementara biaya
peralihan pelanggan rendah. ITB Press memiliki pendapatan yang fluktuatif, dimana mengalami
penurunan pendapatan pada tahun 2016 dan 2019. Bisnis ITB Press juga belum banyak berkembang,
dimana rata-rata pertumbuhan pendapatan dari tahun 2015 hingga 2019 hanya sebesar 15,93%. Untuk
meningkatkan kinerja agar tetap kompetitif dan berkelanjutan di industri penerbitan, ITB Press perlu
merumuskan strategi dan model bisnisnya.
Penulis mewawancarai tiga perwakilan dari ITB Press dan meneliti data sekunder terkait untuk
memetakan Business Model Canvas (BMC) saat ini. Kemudian dilakukan analisis internal melalui
analisis sumber daya dan rantai nilai. Untuk analisis eksternal, penulis menggunakan model bisnis
lingkungan eksternal dan analisis benchmarking. Selanjutnya penulis melakukan analisis SWOT pada
BMC, dilanjutkan dengan penyusunan strategi dan BMC baru. Untuk menciptakan inovasi nilai, penulis
menggunakan Four Action Framework.
Cost leadership dianggap sebagai strategi bisnis yang paling tepat, yang menuntut ITB Press untuk
melakukan inovasi proses. Sedangkan model bisnis long tail yang dipadukan dengan multi-sided
platform merupakan model bisnis yang tepat, di mana ITB Press perlu fokus menawarkan berbagai
produk niche melalui situsnya.
Untuk mengimplementasikan strategi dan model bisnis yang diusulkan, ITB Press perlu merekrut
sumber daya manusia yang sangat terampil di bidang TI dan pemasaran digital untuk membangun dan
mengembangkan divisi TI dan pemasaran. ITB Press harus menetapkan KPI (Key Performance
Indicator) untuk mengukur kinerja karyawan. Perusahaan hendaknya mengembangkan layanan dan
jenis produk, dengan penambahan format dan genre menggunakan situs web yang dikembangkan. ITB
Press dapat membangun kemitraan dengan perusahaan teknologi, pengecer eBook, penyedia konten
khusus, dan perusahaan percetakan untuk memangkas biaya operasional. Untuk menjangkau pasar yang
lebih luas, ITB Press harus memperbanyak pilihan salurannya.
Perpustakaan Digital ITB