Ruby Syariah Hotel merupakan hotel yang menganut prinsip islam, jumlah tamu yang
menginap di hotel Ruby Syariah menurun sejak tahun 2018 dan 2019 yang menyebabkan
penurunan revenue. Ruby Syariah Hotel menggunakan strategi bisnis cost leadership dalam
menarik minat tamu akan tetapi aktivitas hotel masih tradisional.
Tujuan dari penelitian adalah mengetahui faktor internal dan dan memperbaiki aktivitas
operasional sehingga strategi integrasi cost leadership/differentiation mampu bertahan,
meningkatkan target penjualan dan mampu bersaing dengan pesaing. Metodologi yang
digunakan adalah data kualitatif yang didapatkan dari hasil observasi, wawancara, dan studi
literature.
Kerangka konseptual menggunakan analisis internal adalah resource analysis, capabilities,
dan core competencies analysis. Pada analisis eksternal digunakan general environment
analysis, analisis industri, dan analisis pesaing yang dirangkum menggunakan SWOT. Lalu
menggunakan TOWS, dalam menganalisis permasalahan.
Strategi yang diusulkan adalah intergrasi cost leadership dan diferensiasi. Solusi untuk
penelitian ini adalah mendesain ulang furniture menjadi konsep timur tengah, bekerjasama
dengan restaurant dengan konsep timur tengah, gym dan spa khusus bagi perempuan maupun
laki-laki dan adanya pembatas agar menjaga privasi muhrim, promosi wedding atau engage
package dengan prinsip islam, kolaborasi dengan kelompok islam dan bekerjasama dengan
pemerintahan. Untuk menekan cost maka di integrasikan dengan menciptakan high capacity
utilization, mengembangkan skala ekonomis, memberikan reward pada karyawan,
mengembangkan digital marketing dan merekrut pegawai outsourcing. Peneliti memberikan
mengambarkan blueprint service untuk mengetahui alur operasinal strategi yang baru dan
memperlihatkan rencana implementasi dilakukan pada tahun 2022 setelah perekonomian
Indonesia stabil. Rencana implementasi dibagi menjadi empat kategori yaitu penelitian dan
mengembangan program, sumber daya manusia, keuangan, dan strategi marketing.
implementasi ini diharapkan dapat mencapai keunggulan hotel.
Perpustakaan Digital ITB