digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Ropi Tri Unifa
Terbatas Irwan Sofiyan
» ITB

COVER Ropi Tri Unifa
PUBLIC Irwan Sofiyan

BAB 1 Ropi Tri Unifa
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 Ropi Tri Unifa
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Ropi Tri Unifa
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Ropi Tri Unifa
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 Ropi Tri Unifa
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 6 Ropi Tri Unifa
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 7 Ropi Tri Unifa
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA Ropi Tri Unifa
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

Terminal Kijing merupakan ekspansi dari Pelabuhan Pontianak yang berlokasi di Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalimantan Barat. Terminal Kijing dalam jangka panjang direncanakan sebagai Pelabuhan Hub Internasional untuk mendukung keberjalanan Program Tol Laut. Untuk mewujudkan peran Terminal Kijing sebagai Pelabuhan Hub Internasional maka dalam Tugas Akhir ini akan dibahas mengenai Desain Pola Operasi Terminal Peti Kemas Kijing Tahap 1 Pelabuhan Pontianak. Desain Pola Operasi didasarkan pada Rencana Induk Pelabuhan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Desain pola operasi meliputi desain pola operasi dermaga, desain pola operasi lapangan penumpukan serta perhitungan biaya kapital dan tarif handling peti kemas. Desain pola operasi dermaga meliputi desain area dermaga, kombinasi kapal yang bertambat, penentuan alat handling serta perhitungan kapasitas desain handling peti kemas di dermaga. Kapasitas dermaga terminal peti kemas yang didesain adalah 2,296,349 TEU/tahun. Desain pola operasi lapangan penumpukan meliputi desain area lapangan penumpukan, penentuan alat transportasi horizontal, perhitungan kapasitas desain handling peti kemas di lapangan penumpukan serta pola operasi transportasi horizontal. Kapasitas lapangan penumpukan terminal peti kemas yang didesain adalah 1,026,753 TEU/tahun. Alat transportasi horizontal yang digunakan adalah 108 truk. Perhitungan biaya dan tarif handling peti kemas meliputi perhitungan harga peralatan, perhitungan biaya kapital, perhitungan pengeluaran dan pemasukan per tahun serta penentuan tarif handling peti kemas. Perhitungan biaya dan tarif handling peti kemas dilakukan dengan skenario pengadaan total, biaya investasi awal bersifat pinjaman dengan payback period selama 10 tahun.