digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

PT. Total Bangun Persada atau yang selanjutnya disebut “TOTAL”, telah menekuni bisnis jasa konstruksi selama 48 tahun di Indonesia. TOTAL merintis kiprahnya sebagai pelaksana konstruksi bangunan gedung. Saat ini, TOTAL mengalami tantangan karena menurunnya target proyek per tahun yang ditetapkan oleh perusahaan sehingga berdampak pada penurunan revenue. Sejak terjadinya permasalahan bisnis tersebut, TOTAL belum menyusun strategi baru guna meningkatkan target perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengembangkan strategi TOTAL berdasarkan permasalahan yang terjadi dan diharapkan dapat berdampak pada peningkatan target proyek. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data kualitatif yang didapatkan dari hasil wawancara dengan karyawan TOTAL. Analisa data sekunder dilakukan menggunakan Annual Report perusahaan dan studi literature. Kerangka konseptual yang digunakan diawali dengan analisis lingkungan eksternal dengan menggunakan analisa PESTEL, Porter’s 5 Forces, dan analisa kompetitor serta analisa internal melalui analisa sumber daya dan analisa rantai nilai. Seluruh hasil analisa dirangkum dalam analisa SWOT. Setelah dilakukan analisis, permasalahan utama ada pada internal organisasi yang belum mengimplementasikan struktur yang terintegrasi. Strategi yang diusulkan berdasarkan hasil penelitian adalah strategi integrasi diferensiasi dan cost leadership. Selain itu, untuk memperbaiki strategi TOTAL diawali dengan usulan perubahan struktur. Peneliti memberikan gambaran Strategi Map untuk mencapai keunggulan bersaing.