digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pandemik Covid-19 menuntut seluruh kegiatan bisnis yang ada di seluruh dunia untuk beradaptasi cepat dalam situasi dan kondisi yang tidak menentu. Beberapa sektor bisnis mengalami kerugian yang sangat besar, khususnya perusahaan penerbangan dan travel. Tazakka Tour and Travel sebagai pelaku bisnis yang berbasis sebagai biro travel Umrah dan Haji dimulai pada tahun 2017 di Kota Bekasi. Tazakka sendiri sudah berjalan selama tiga tahun dan telah memiliki lebih dari lima mitra cabang yang tersebar di beberapa kota di Indonesia. Pada penelitian ini perusahaan ingin membuat strategi bisnis baru untuk tetap bertahan di sektor bisnis travel. Masa pandemi ini dimanfaatkan sebagai upaya untuk mempersiapkan kehidupan yang baru. Maka dari itu, perusahaan ingin membuat inovasi dengan melakukan analisis yang mendalam untuk menentukan strategi yang tepat untuk perusahaan. Peneliti menggunakan metode SWOT Analisis untuk mengukur kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dialami oleh perusahaan dari sisi eksternal (PESTEL Analysis, Five Porter’s Forces, dan Marketing Mix). Selanjutnya, dari sisi internal (Business Model Canvas, STP, dan juga VRIO Analysis) yang sudah dilakukan sebelumnya. Setelah SWOT Analisis selesai, peneliti menyimpulkan hasil penelitian bahwa perusahaan perlu membenahi strategi bisnisnya. Perusahaan perlu melakukan pembenahan di bidang teknologi dan juga mendapatkan konsumen baru. Setelah itu, peneliti menggunakan TOWS matrix untuk mengklasifikasikan strategi bisnis perusahaan, diantaranya membuat strategi baru dari Marketing Mix 7P sebagai upaya untuk meningkatkan performa perusahaan. Lalu perusahaan juga perlu membuat komunikasi pemasaran yang terintegrasi dengan digital sebagai upaya untuk pembangunan berkelanjutan bagi perusahaan. Setelah analisis dilakukan dengan menentukan sastra yang terdapat pada perusahaan dan menentukan pemecahan masalah dengan menggunakan TOWS matrix, disimpulkan bahwa perusahaan perlu untuk melakukan menjaga komunikasi dengan perusahaan yang telah menjalin kerjasama, melakukan ekspansi dengan kolaborasi dengan perusahaan yang berada di beberapa daerah yang tersebar di Indonesia, dan juga mengaplikasikan pendekatan teknologi smart Apps pada layanan terbarukan untuk para konsumen.