digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

PT Pos Indonesia (Persero) sebagai salah satu BUMN tertua di Indonesia, berusaha untuk dapat bertahan di era indutri 4.0. Salah satu cara yang dilakukan dengan mendiversifikasi bisnisnya. Tetapi strategi yang diimplementasikan saat ini tidak sesuai dengan kondisi perusahaan saat ini. Hal ini terlihat dari performa PT Pos Indonesia yang semakin memburuk dari tahun ke tahun dan tidak mencapai target perusahaan yang telah direncanakan. Kondisi ini menyebabkan penurunan nilai bagi PT Pos Indonesia. Permasalahan utama dari PT Pos Indonesia adalah kinerja dan keberlanjutan PT Pos Indonesia yang semakin buruk terkait dengan unit bisnis dan afiliasi. Untuk mengidentifikasi masalah dalam penelitian ini menggunakan Analisis Eksternal, Analisis Internal, dan Analisis SWOT. Analisis eksternal yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Lingkungan, Analisis Industri, dan Analisis Pesaing. Untuk Analisis Internal yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Sumber Daya dan Analisis Rantai Nilai. Kemudian hasil analisa dari Analisis Internal dan Analisis Eksternal digunakan untuk Analisis SWOT. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Untuk menemukan solusi yang tepat untuk permasalahan PT Pos Indonesia, penelitian ini mengusulkan strategi korporat baru untuk perusahaan. Strategi korporat yang sesuai untuk solusi masalah adalah restrukturisasi. Pada penelitian ini pula memakai TOWS Matrix untuk alternatif strategi yang dapat diterapkan dalam operasi bisnisnya. Tool yang digunakan dalam melakukan analisis restrukturisasi korporat pada penelitian ini adalah Hexagonal Restructuring. Hexagonal Restructuring dapat membantu PT Pos Indonesia untuk memeriksa peluang yang membatasi untuk menciptakan nilai dengan meningkatkan operasi, merestrukturisasi bisnisnya, mengelola aset, dan meningkatkan tata kelola. Perencanaan implementasi strategi restrukturisasi untuk PT Pos Indonesia membutuhkan banyak waktu karena terdapat banyak aspek didalamnya. Penelitian ini terfokus pada penentuan startegi korporasi yang dapat diajukan untuk diimplementasikan. Strategi korporasi yang baru ini diharapkan dapat menjadi solusi dari permasalahan yang dihadapi oleh PT Pos Indonesia.