PT Pos Indonesia (Persero) sebagai salah satu BUMN tertua di Indonesia, berusaha untuk dapat
bertahan di era indutri 4.0. Salah satu cara yang dilakukan dengan mendiversifikasi bisnisnya.
Tetapi strategi yang diimplementasikan saat ini tidak sesuai dengan kondisi perusahaan saat ini.
Hal ini terlihat dari performa PT Pos Indonesia yang semakin memburuk dari tahun ke tahun dan
tidak mencapai target perusahaan yang telah direncanakan. Kondisi ini menyebabkan penurunan
nilai bagi PT Pos Indonesia. Permasalahan utama dari PT Pos Indonesia adalah kinerja dan
keberlanjutan PT Pos Indonesia yang semakin buruk terkait dengan unit bisnis dan afiliasi.
Untuk mengidentifikasi masalah dalam penelitian ini menggunakan Analisis Eksternal, Analisis
Internal, dan Analisis SWOT. Analisis eksternal yang digunakan dalam penelitian ini adalah
Analisis Lingkungan, Analisis Industri, dan Analisis Pesaing. Untuk Analisis Internal yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Sumber Daya dan Analisis Rantai Nilai. Kemudian
hasil analisa dari Analisis Internal dan Analisis Eksternal digunakan untuk Analisis SWOT.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan data primer dan data
sekunder.
Untuk menemukan solusi yang tepat untuk permasalahan PT Pos Indonesia, penelitian ini
mengusulkan strategi korporat baru untuk perusahaan. Strategi korporat yang sesuai untuk solusi
masalah adalah restrukturisasi. Pada penelitian ini pula memakai TOWS Matrix untuk alternatif
strategi yang dapat diterapkan dalam operasi bisnisnya. Tool yang digunakan dalam melakukan
analisis restrukturisasi korporat pada penelitian ini adalah Hexagonal Restructuring. Hexagonal
Restructuring dapat membantu PT Pos Indonesia untuk memeriksa peluang yang membatasi untuk
menciptakan nilai dengan meningkatkan operasi, merestrukturisasi bisnisnya, mengelola aset, dan
meningkatkan tata kelola.
Perencanaan implementasi strategi restrukturisasi untuk PT Pos Indonesia membutuhkan banyak
waktu karena terdapat banyak aspek didalamnya. Penelitian ini terfokus pada penentuan startegi
korporasi yang dapat diajukan untuk diimplementasikan. Strategi korporasi yang baru ini
diharapkan dapat menjadi solusi dari permasalahan yang dihadapi oleh PT Pos Indonesia.
Perpustakaan Digital ITB