digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) menyajikan hasil data Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia pada Tahun 2019 dimana Ekonomi Kreatif Indonesia berhasil menyumbangkan sebesar 11% atau setara dengan 1.200 triliun rupiah terhadap keseluruhan total PDB nasional. Data tersebut naik secara signifikan setiap tahunnya sejak Tahun 2010 yang mampu mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia secara konstan. Salah satu subsektor yang termasuk dalam Ekonomi Kreatif Indonesia adalah subsektor Kriya, dimana subsektor ini mendominasi sebagai penyumbang PDB terbesar Ekonomi Kreatif pada urutan ke tiga setelah subsektor Kuliner dan Fashion. Selain itu permintaan pasar yang cukup tinggi terhadap produk keluaran sektor bisnis kreatif akhirakhir ini disertai pula dengan naiknya trend “proudly using local” sehingga kebutuhan atas produk lokal dan bersifat kerajinan tangan pun meningkat di kalangan masyarakat. Toko Lempung sebagai salah satu merk yang bergerak pada subsektor kriya di Jakarta, melihat kondisi ini sebagai peluang yang menjanjikan. Namun permasalahan pada penurunan pendapatan Toko Lempung di Tahun 2019 menjadi suatu kendala tersendiri untuk aktivitas bisnis yang telah dijalankan. Hal ini disebabkan oleh kurangnya inovasi produk dan kegiatan promosi yang dilakukan oleh Toko Lempung. Penelitian ini bertujuan untuk mencari strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan pendapatan penjualan Toko Lempung dengan menggunakan metode kualitatif. Studi literatur, analisis internal dan eksternal kemudian diterapkan untuk menganalisis kondisi dan posisi perusahaan saat ini. Untuk analisis internal Toko Lempung akan menerapkan Marketing Mix 4Ps dan Analisis STP, sedangkan untuk analisis eksternal menggunakan Porter’s Five Forces dan Analisis Kompetitor. Alternatif strategi pemasaran kemudian diperdalam dengan mengumpulkan data dengan observasi atau benchmarking terhadap pesaing dan wawancara mendalam kepada beberapa pelanggan. Data yang sudah terkumpul tersebut kemudian diolah dan dites menggunakan beberapa strategi pemasaran selama jangka waktu tertentu untuk melihat respon pasar dan pergerakan data penjualan yang selanjutnya akan diimplementasikan pada bisnis sebagai solusi untuk jangka waktu panjang.