Perkembangan digital yang sangat besar terjadi di belahan dunia lain juga terjadi di Indonesia yang di prediksi
pada 2020 terdapat penambahan hingga 50 juta pengguna internet dengan angka penetrasi hingga 55%. Potensi
dengan angka yang signifikan tersebut juga mendorong industry perdagangan digital yang pada tahun 2019 telah
menyumbang hingga 2,9% dari total PDB Indonesia. Saat ini setidaknya ada 6 pelaku pasar yang memiliki market
share paling besar di industry perdagangan digital yaitu Tokopedia, Shoopee, Bukalapak, bli-bli, Lazada dan
JD.ID dan 3 diantaranya berasal dari Indonesia (Tokopedia, Bukalapak dan bli-bli). Pengalaman berbelanja yang
nyaman dan aman serta pilihan produk yang lengkap telah menjadikan 6 perusahaan sebagai pilihan favorit dalam
bertransaksi secara digital di Indonesia dengan jumlah transaksi barang hingga lebih dari 1 milliar paket dan di
prediksi akan tumbuh hingga 1,6 milliar paket di tahun 2022.
Dengan melihat potensi tersebut, saat ini terdapat beberapa perusahaan kurir baru yang muncul untuk
mendapatkan potensi bisnis tersebut, salah satunya adalah Ninja Xpress Indonesia, Ninja Xpress merupakan
perusahaan rintisan yang mengabungkan teknologi dengan proses pengiriman paket melalui kurir, Perusahaan
dirintis pertama kali di Singapura dengan nama Ninja Van pada tahun 2014 dan telah melakukan ekspansi ke
berbagai negara asia tenggara seperti Malaysia, Thailand, Vietnam, Filipina dan masuk ke Indonesia pada 2016
dengan re-branding nama menjadi Ninja Xpress. Perbedaan yang ingin di tonjolkan oleh Ninja Xpress adalah
pengabungan dari sisi teknologi dengan layanan pengantaran kurir, yang saat ini sangat dibutuhkan oleh
perusahaan perdagangan digital untuk dapat mengirimkan barang mereka dan terintegrasi dengan baik di sistem.
Untuk dapat melakukan hal tersebut, Ninja Xpress harus melakukan beberapa strategi bisnis agar dapat bersaing
dengan perusahaan kurir lain dan juga diterima dengan baik oleh masyarakat sehingga jumlah pengiriman yang
didapatkan dapat terus tumbuh setiap tahunnya.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apa saja faktor-faktor yang menjadi perhatian utama baik dari sisi
perusahaan perdagangan digital, penjual barang hingga pembeli dalam memilih perusahaan kurir terpercaya untuk
mengirimkan paket yang telah mereka beli di perusahaan perdagangan digital yang selanjutnya di Analisa dengan
beberapa metode seperti kuesioner, wawancara, analisis kondisi internal dan eksternal yang pada akhirnya
digunakan untuk merumuskan bisnis strategi yang tepat untuk Ninja Xpress Indonesia agar dapat bersaing dengan
perusahaan kurir yang sudah lama ada di Indonesia
Perpustakaan Digital ITB