digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Perkembangan digital yang sangat besar terjadi di belahan dunia lain juga terjadi di Indonesia yang di prediksi pada 2020 terdapat penambahan hingga 50 juta pengguna internet dengan angka penetrasi hingga 55%. Potensi dengan angka yang signifikan tersebut juga mendorong industry perdagangan digital yang pada tahun 2019 telah menyumbang hingga 2,9% dari total PDB Indonesia. Saat ini setidaknya ada 6 pelaku pasar yang memiliki market share paling besar di industry perdagangan digital yaitu Tokopedia, Shoopee, Bukalapak, bli-bli, Lazada dan JD.ID dan 3 diantaranya berasal dari Indonesia (Tokopedia, Bukalapak dan bli-bli). Pengalaman berbelanja yang nyaman dan aman serta pilihan produk yang lengkap telah menjadikan 6 perusahaan sebagai pilihan favorit dalam bertransaksi secara digital di Indonesia dengan jumlah transaksi barang hingga lebih dari 1 milliar paket dan di prediksi akan tumbuh hingga 1,6 milliar paket di tahun 2022. Dengan melihat potensi tersebut, saat ini terdapat beberapa perusahaan kurir baru yang muncul untuk mendapatkan potensi bisnis tersebut, salah satunya adalah Ninja Xpress Indonesia, Ninja Xpress merupakan perusahaan rintisan yang mengabungkan teknologi dengan proses pengiriman paket melalui kurir, Perusahaan dirintis pertama kali di Singapura dengan nama Ninja Van pada tahun 2014 dan telah melakukan ekspansi ke berbagai negara asia tenggara seperti Malaysia, Thailand, Vietnam, Filipina dan masuk ke Indonesia pada 2016 dengan re-branding nama menjadi Ninja Xpress. Perbedaan yang ingin di tonjolkan oleh Ninja Xpress adalah pengabungan dari sisi teknologi dengan layanan pengantaran kurir, yang saat ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan perdagangan digital untuk dapat mengirimkan barang mereka dan terintegrasi dengan baik di sistem. Untuk dapat melakukan hal tersebut, Ninja Xpress harus melakukan beberapa strategi bisnis agar dapat bersaing dengan perusahaan kurir lain dan juga diterima dengan baik oleh masyarakat sehingga jumlah pengiriman yang didapatkan dapat terus tumbuh setiap tahunnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apa saja faktor-faktor yang menjadi perhatian utama baik dari sisi perusahaan perdagangan digital, penjual barang hingga pembeli dalam memilih perusahaan kurir terpercaya untuk mengirimkan paket yang telah mereka beli di perusahaan perdagangan digital yang selanjutnya di Analisa dengan beberapa metode seperti kuesioner, wawancara, analisis kondisi internal dan eksternal yang pada akhirnya digunakan untuk merumuskan bisnis strategi yang tepat untuk Ninja Xpress Indonesia agar dapat bersaing dengan perusahaan kurir yang sudah lama ada di Indonesia