digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

PT Pos Indonesia (Persero) merupakan perusahaan yang telah berdiri sejak 1746 dan merupakan perusahaan BUMN tertua yang bergerak di bidang layanan kurir, logistik dan jasa keuangan. Pertumbuhan e-commerce dan peraturan pemerintah tentang pos universal menjadikan persaingan yang dihadapi PT Pos Indonesia (Persero) semakin ketat. Perusahaan pada tahun 2013 membentuk lini bisnis baru di bidang property dan perhotelan bernama PT Pos Properti Indonesia dengan tujuan utama untuk mengelola aset yang dimiliki PT Pos Indonesia (Persero) agar memberikan nilai tambah bagi perusahaan. namun pada kenyataanya, anak perusaahaan tersebut justru menjadi beban pendapatan dari PT Pos Indonesia (Persero). Penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan strategi tingkat korporasi dengan menggunkan strategi berdasarkan arah menunjukkan posisi PT Pos Indonesia (Persero) berada di kuadran III dengan strategi penghematan. Jadi perlu dirumuskan strategi yang tepat untuk mengatasi masalah internal perusahaan dengan menetapkan tujuan strategis perusahaan dan menentukan cara menciptakan nilai menggunakan analisis DuPont, yang diukur menggunakan nilai tambah ekonomis dan kartu skor seimbang. Tujuan dari penelitian adalah mengusulkan strategi korporasi yang sesuai dengan kondisi PT Pos Indonesia (Persero) dengan menyelaraskan strategi tingkat korporasi dengan manajemen kinerja yang bertujuan untuk menciptakan nilai demi mencapai visi dan misi perusahaan menggunakan nilai tambah ekonomi dan kartu skor seimbang sebagai alat ukur untuk mendorong dan meningkatkan kinerja PT Pos Indonesia (Persero). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif menggunakan kuantifikasi SWOT, matriks TOWS, dan kerangka kerja restrukturisasi hexagon, juga penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan nilai tambah ekonomis dan balanced scorecard sebagai alat ukur untuk menilai penciptaan nilai secara finansial dan non finansial dengan menggunakan data sekunder mengenai PT Pos Indonesia (Persero). Penelitian ini memberikan rekomendasi bahwa PT Pos Indonesia (Persero) lebih baik fokus pada pembenahan bisnis intinya dan melepaskan status perusahaan PT Pos Properti Indonesia dan ditarik untuk menjadi bagian dari bisnis yang dikelola langsung oleh perusahaan induk. Untuk mencapai visi dan misi serta meningkatkan performa perusahaan. Penelitian ini dapat digunakan untuk peneliti selanjutnya untuk mengusulkan strategi tingkat korporasi yang dapat membantu penciptaan nilai untuk mendorong peningkatan kinerja perusahaan dalam studi kasus perusahaan lainnya.