ABSTRAK Dewinta Kirana Pratisti
Terbatas Irwan Sofiyan
» ITB
Terbatas Irwan Sofiyan
» ITB
COVER Dewinta Kirana Pratisti
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 1 Dewinta Kirana Pratisti
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 Dewinta Kirana Pratisti
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 Dewinta Kirana Pratisti
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 Dewinta Kirana Pratisti
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 Dewinta Kirana Pratisti
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 6 Dewinta Kirana Pratisti
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 7 Dewinta Kirana Pratisti
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA Dewinta Kirana Pratisti
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Pelabuhan Bitung yang berlokasi di Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara direncanakan sebagai Pelabuhan Hub Internasional untuk mendukung keberjalanan Program Tol Laut. Untuk mewujudkan peran Pelabuhan Bitung sebagai Pelabuhan Hub Internasional maka dalam Tugas Akhir ini akan dibahas mengenai Desain Pola Operasi Terminal Peti Kemas Pelabuhan Bitung Tahap 1. Desain Pola Operasi didasarkan pada Rencana Induk Pelabuhan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Desain pola operasi meliputi desain pola operasi dermaga, desain pola operasi lapangan penumpukan serta perhitungan biaya kapital dan tarif handling peti kemas. Desain pola operasi dermaga meliputi desain area dermaga, kombinasi kapal yang bertambat, penentuan alat handling serta perhitungan kapasitas desain handling peti kemas di dermaga. Desain pola operasi lapangan penumpukan meliputi desain area lapangan penumpukan, penentuan alat transportasi horizontal, perhitungan kapasitas desain handling peti kemas di lapangan penumpukan serta pola operasi transportasi horizontal. Perhitungan biaya dan tarif handling peti kemas meliputi perhitungan harga peralatan, perhitungan biaya kapital, perhitungan pengeluaran dan pemasukan per tahun serta penentuan tarif handling peti kemas. Perhitungan biaya dan tarif handling peti kemas dilakukan dengan skenario pengadaan total, biaya investasi awal bersifat pinjaman dengan payback period selama 10 tahun.
Perpustakaan Digital ITB