digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Penetrasi pengguna internet dari beberapa tahun terakhir di Indonesia mengalami peningkatan pesat. Bisa di lihat dari data APJII terdapat 171.17 juta jiwa rakyat Indonesia yang menggunakan internet dari jumlah total 264.16 juta rakyat Indonesia. Sedangkan di Jawa Barat sendiri menyumbang pengguna internet sebanyak 16.7% dari keseluruhan pengguna internet. Bertolak belakang dengan aktivitas KUKM Ecobiz yang cenderung tidak ada pengguna nya yang melakukan aktivitas di dalam platform digital. KUKM Ecobiz sendiri merupakan platform ikulsif kerjasama antara DEKOPINWIL Jawa Barat dengan tim keahlian dari SBM ITB yang bertujuan untuk menyediakan platform digital dari DEKOPINWIL dan mengumpulkan semua pelaku bisnis kusus nya anggota koperasi, UMKM, para pelaku ternak dan tani, pemeritah, dan lembaga keuangan untuk saling bertukar informasi yang bertujuan meningkatkan ekonomi secara bersama. Upaya pemasaran sudah dilakukan terhadap beberapa koperasi melalui acara pelatihan untuk beberapa koperasi di Jawa Barat melalui DEKOPINWIL, namun tidak terjadi peningkatan aktivitas. Objektif dari penelitian ini untuk meningkatkan kompetensi dan kapabilitas dari anggota koperasi, UMKM, dan juga pelaku tani dan ternak, meninjau UI dan UX, merekomendasikan pengembangan website berdasarkan preferensi pengguna, dan yang terakhir meningkatkan aktivitas di dalam KUKM Ecobiz. Metodologi pengambilan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan kualitatif. Untuk data primer datang dari kuesioner penelitian sebelum nya dan kuesioner yang di sebar pada saat melakukan pelatihan koperasi. Untuk data sekunder di dapatkan dari database KUKM Ecobiz, beberapa web situs yang menyediakan grafik statistik, dan beberapa sumber yang bisa mendukung penelitian ini. Dalam penelitian ini untuk mencapai solusi di lakukan sejumlah analisis yang pertama analisis eksternal menggunakan analisis PEST dan pesaing. Untuk analisis internal menggunakan analisis platform digital, membandingkan dengan kaedah UI dan UX yang baik, dan menggunakan analisa kebutuhan pengguna platform digital. Setelah itu untuk lanjut ke solusi diperlukan perncarian akar masalah menggunakan CRT (Current Reality Tree). Usulan dari penelitian ini ialah KUKM Ecobiz perlu melakukan beberapa scenario yang bertunjuan untuk mentrigger aktifitas dalam KUKM Ecobiz seperti mewajibkan anggota koperasi yang terpilih untuk melakukan interaksi dalam forum. Lalu membuat konten yang sesuai dengan kebutuhan pengguna KUKM Ecobiz, dan merancang web situs KUKM Ecobiz kembali dengan kaidah-kaidah perancangan perangkat lunak yang sudah ada. Solusi yang di tawarkan diharpkan bisa memecahkan masalah yang di hadapi oleh KUKM Ecobiz.