digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pertumbuhan alternatif pembelajaran bahasa Inggris di Indonesia dapat ditentukan dengan melihat perkembangan yang signifikan oleh Kampung Inggris Pare, di Jawa Timur. Sebuah kota kecil yang terletak di Pare-Kediri (Jawa Timur) dikenal sebagai Kampung Inggris. Lokasi yang menyediakan banyak Lembaga Bahasa Inggris (Pendidikan Formal dan Nonformal), pada tahun 2000 Desa Inggris ini memiliki 20 lembaga dan meningkat hingga 145 lembaga pada tahun 2015 hingga sekarang lokasi tersebut diperkirakan memiliki lebih dari ratusan institusi pada tahun 2018. Test English School merupakan program kursus bahasa Inggris yang berfokus pada persiapan tes bahasa Inggris standar (TOEFL dan IELTS) dan pelatihan yang berpusat pada tujuan beasiswa, berlokasi di Kampung Inggris. Sejak didirikan pada tahun 2013, alumni TEST English School telah pergi ke seluruh dunia untuk bekerja di luar negeri atau mengejar pendidikan tinggi di tingkat master sampai doktoral. Laporan pendapatan perusahaan menunjukkan bahwa pertumbuhan bisnis berjalan menjanjikan dari tahun 2013-2017 dengan hasil yang diinginkan secara signifikan, hingga pada saat laba di tahun 2018 menunjukkan penurunan pendapatan. Manajemen pada laporan tahunan memberikan gambaran potensi masalah untuk ditangani berdasarkan analisis dari kondisi 2018. Perusahaan perlu sebuah laporan untuk menganalisis kondisi bisnis saat ini dari sisi internal maupun eksternal terkait dengan penurunan pendapatan untuk mengembangkan strategi untuk tahun 2020. Tujuan penelitian adalah untuk merumuskan strategi yang tepat untuk meningkatkan pangsa pasar dan pendapatan Test English School di Kampung Inggris, Pare. Proses solusi bisnis menggunakan semua data dari faktor internal, faktor eksternal, analisis SWOT, dan analisis akar penyebab yang akan memberikan masukan dalam perumusan strategi. Hasil dari kuantifikasi SWOT akan menentukan posisi Test English School berdasarkan perhitungan dari data Internal dan Eksternal. Analisis keseluruhan berdasarkan SWOT menentukan bahwa perusahaan dalam posisi Kuadran I (Strategi Pertumbuhan). Enam strategi pertumbuhan akan dirumuskan pada penelitian ini untuk kasus Test English School dan diikuti oleh analisis untuk setiap strategi hingga rencana implementasi.