Kontribusi industri makanan dan minuman terhadap PDB nasional adalah 6,21%. Ini
menjadi peluang yang baik untuk industry makanan di Indonesia. Toomat adalah salah
satu usaha kecil menengah yang juga berpartisipasi dalam industri ini. Toomat awalnya
menjual minuman jus, dan berkembang dengan memproduksi makanan sehat. Toomat
didirikan awal tahun 2018. Bisnis ini telah mencoba beberapa kegiatan komunikasi
pemasaran tetapi tidak membuahkan hasil yang efektif. Komunikasi pemasaran yang
tidak efektif dibuktikan dengan penurunan penjualan sejak awal penjualan. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor yang memikat pelanggan dan
strategi komunikasi pemasaran.
Analisis internal dan eksternal digunakan untuk menentukan penyebab kurangnya
penjualan. Analisis internal yang digunakan adalah VP Canvas, Marketing Mix, dan
SWOT. Sementara itu, analisis eksternal yang digunakan dalam penelitian ini adalah
Five Porter's Model dan Benchmarking. Berdasarkan metode-metode tersebut solusi
dari masalah diidentifikasi dengan TOWS Matrix. Setelah itu, penelitian ini
menggunakan Business Model Canvas dan Integrated Marketing Communication untuk
strategi yang diusulkan. Untuk merumuskan komunikasi pemasaran yang tepat,
penelitian dilakukan melalui penelitian kualitatif menggunakan wawancara mendalam
dengan pemilik usaha makanan untuk merancang strategi komunikasi pemasaran.
Dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran yang efektif adalah menaruh iklan di
Instagram Ads yang dimulai dengan mengidentifikasi pasar dan menentukan tujuan
komunikasi terlebih dahulu. Setelah itu, perusahaan dapat menyiapkan konten
komunikasi yang memiliki konten kuat, positif, dan menarik yang mencakup gaya
hidup sehat. Pengiklanan online, promosi penjualan, dan pemasaran acara adalah yang
terpilih.
Strategi yang diusulkan harus meningkatkan penjualan produk dan mengurangi jumlah
kerugian. Solusi yang diusulkan akan membantu perusahaan untuk menggunakan
anggaran pemasaran dengan baik. Selain itu, penelitian ini dibatasi hanya untuk
penggemar kesehatan dan kecantikan, dikarenakan produk ini di desain untuk
mempromosikan kehidupan sehat.
Perpustakaan Digital ITB