digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Kontribusi industri makanan dan minuman terhadap PDB nasional adalah 6,21%. Ini menjadi peluang yang baik untuk industry makanan di Indonesia. Toomat adalah salah satu usaha kecil menengah yang juga berpartisipasi dalam industri ini. Toomat awalnya menjual minuman jus, dan berkembang dengan memproduksi makanan sehat. Toomat didirikan awal tahun 2018. Bisnis ini telah mencoba beberapa kegiatan komunikasi pemasaran tetapi tidak membuahkan hasil yang efektif. Komunikasi pemasaran yang tidak efektif dibuktikan dengan penurunan penjualan sejak awal penjualan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor yang memikat pelanggan dan strategi komunikasi pemasaran. Analisis internal dan eksternal digunakan untuk menentukan penyebab kurangnya penjualan. Analisis internal yang digunakan adalah VP Canvas, Marketing Mix, dan SWOT. Sementara itu, analisis eksternal yang digunakan dalam penelitian ini adalah Five Porter's Model dan Benchmarking. Berdasarkan metode-metode tersebut solusi dari masalah diidentifikasi dengan TOWS Matrix. Setelah itu, penelitian ini menggunakan Business Model Canvas dan Integrated Marketing Communication untuk strategi yang diusulkan. Untuk merumuskan komunikasi pemasaran yang tepat, penelitian dilakukan melalui penelitian kualitatif menggunakan wawancara mendalam dengan pemilik usaha makanan untuk merancang strategi komunikasi pemasaran. Dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran yang efektif adalah menaruh iklan di Instagram Ads yang dimulai dengan mengidentifikasi pasar dan menentukan tujuan komunikasi terlebih dahulu. Setelah itu, perusahaan dapat menyiapkan konten komunikasi yang memiliki konten kuat, positif, dan menarik yang mencakup gaya hidup sehat. Pengiklanan online, promosi penjualan, dan pemasaran acara adalah yang terpilih. Strategi yang diusulkan harus meningkatkan penjualan produk dan mengurangi jumlah kerugian. Solusi yang diusulkan akan membantu perusahaan untuk menggunakan anggaran pemasaran dengan baik. Selain itu, penelitian ini dibatasi hanya untuk penggemar kesehatan dan kecantikan, dikarenakan produk ini di desain untuk mempromosikan kehidupan sehat.