Article Details

USULAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK BISNIS TAS FESYEN (STUDI KASUS : MEREK MAIKA ETNIK)

Oleh   Nadira Tajhana Leman [29117398]
Kontributor / Dosen Pembimbing : Evy Rachmawati Chaldun, S.E., M.Si
Jenis Koleksi : S2 - Tesis
Penerbit : Magister Bisnis dan Administrasi - Teknologi
Fakultas : Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM)
Subjek : General management
Kata Kunci : Bauran pemasaran, penjualan, STP, SWOT tas fesyen
Sumber :
Staf Input/Edit : Yose Ali Rahman   Ena Sukmana
File : 1 file
Tanggal Input : 2019-07-22 15:10:55

Maika Etnik merupakan salah satu merek perusahaan tas fashion yang berlokasi di Cimahi yang didirikan pada tahun 2006 lalu. Konsep yang ditawarkan dalam tas ini adalah keunikan dan karakteristik yang kuat dari motif-motif yang ditawarkan serta menyesuaikan dengan tren yang sedang berkembang di masyarakat mengenai tas etnik. Namun dalam hal penjualan Maika Etnik mengalami beberapa permasalahan. Permasalahan analisa dalam penelitian ini dengan tujuan untuk menemukan akar permasalahan yang menjadi kendala dalam berjalannya bisnis. Untuk mengatasi masalah yang ada dalam peneltian ini digunakan beberapa analisis yaitu STP, Marketing mix 7P, analisis SWOT dan TOWS, analisis konsumen serta analisis kompetitor. Maika Etnik memiliki permasalahan dalam jumlah penjualan yang rendah yang disebabkan oleh beberapa faktor terkait dengan aspek 7P dari marketing mix, beberapa diantaranya adalah belum adanya penjadwalan kegiatan marketing, aktivitas marketing yang tidak terorganisir, belum adanya inovasi promosi yang menarik, keterlambbatan pengiriman barang, belum adanya website dan offline store yang belum terorganisir dengan baik. Pembenahan dapat dilakukan secara optimal dengan menganalisa ulang terlebih dahulu mengenai STP yang dituju serta keinginan dari konsumen dengan menyebarkan kuesioner kepada 40 responden. Sehingga solusi yang dapat ditawarkan adalah dengan pembuatan website baru, penggunaan ads pada Instagram dan facebook, serta melakukan konsinyasi dengan toko offline yang berada di Cimahi dan sekitarnya. Oleh karena itu perancangan strategi pemasaran yang baru dibutuhkan untuk membenahi seluruh variable yang dapat mempengaruhi penjualan dalam hal ini adalah bauran pemasaran 7P. Untuk dapat mencapai tujuan jangka pendek dan jangka panjang dalam meraih pasar global, maka dirancang rencana implementasi yang terdiri dari jadwal pengimplementasian, anggaran biaya produksi serta Key Performance Analysis (KPI)