Maika Etnik merupakan salah satu merek perusahaan tas fashion yang berlokasi di
Cimahi yang didirikan pada tahun 2006 lalu. Konsep yang ditawarkan dalam tas ini
adalah keunikan dan karakteristik yang kuat dari motif-motif yang ditawarkan serta
menyesuaikan dengan tren yang sedang berkembang di masyarakat mengenai tas etnik.
Namun dalam hal penjualan Maika Etnik mengalami beberapa permasalahan.
Permasalahan analisa dalam penelitian ini dengan tujuan untuk menemukan akar
permasalahan yang menjadi kendala dalam berjalannya bisnis. Untuk mengatasi
masalah yang ada dalam peneltian ini digunakan beberapa analisis yaitu STP,
Marketing mix 7P, analisis SWOT dan TOWS, analisis konsumen serta analisis
kompetitor.
Maika Etnik memiliki permasalahan dalam jumlah penjualan yang rendah yang
disebabkan oleh beberapa faktor terkait dengan aspek 7P dari marketing mix, beberapa
diantaranya adalah belum adanya penjadwalan kegiatan marketing, aktivitas marketing
yang tidak terorganisir, belum adanya inovasi promosi yang menarik, keterlambbatan
pengiriman barang, belum adanya website dan offline store yang belum terorganisir
dengan baik.
Pembenahan dapat dilakukan secara optimal dengan menganalisa ulang terlebih dahulu
mengenai STP yang dituju serta keinginan dari konsumen dengan menyebarkan
kuesioner kepada 40 responden. Sehingga solusi yang dapat ditawarkan adalah dengan
pembuatan website baru, penggunaan ads pada Instagram dan facebook, serta
melakukan konsinyasi dengan toko offline yang berada di Cimahi dan sekitarnya.
Oleh karena itu perancangan strategi pemasaran yang baru dibutuhkan untuk
membenahi seluruh variable yang dapat mempengaruhi penjualan dalam hal ini adalah
bauran pemasaran 7P. Untuk dapat mencapai tujuan jangka pendek dan jangka panjang
dalam meraih pasar global, maka dirancang rencana implementasi yang terdiri dari
jadwal pengimplementasian, anggaran biaya produksi serta Key Performance Analysis
(KPI)