digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Start-up dihadapkan pada berbagai tantangan dan ketidakpastian, oleh karena itu strategi pemasaran yang komprehensif harus dikembangkan untuk mendukung tantangan saat ini. Bisnis saat ini sangat tidak pasti, pelanggan menjadi pintar untuk memilih produk, perilaku konsumen dapat berubah setiap saat, kondisi ekonomi tidak dapat diprediksi, teknologi berkembang pesat dan persaingan sangat ketat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi strategi yang efektif untuk meningkatkan pendapatan Pixto. Metodologi penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan studi literatur dan wawancara mendalam untuk mengeksplorasi strategi yang paling efektif untuk Pixto. Untuk mempertahankan eksistensinya dan menciptakan bisnis yang berkelanjutan, Pixto tidak memiliki strategi pemasaran yang jelas. Karena pelanggan mereka menjadi lebih baik, lebih terhubung, lebih komunikatif, dan lebih terkendali daripada sebelumnya. Mereka lebih memegang kendali melalui kemampuan tidak hanya untuk mempersonalisasikan konsumsi informasi dan hiburan mereka, pesan pemasaran, dan produk dan layanan yang mereka beli, tetapi juga untuk mendapatkan kepuasan atas permintaan. Setelah analisis SWOT ditentukan, Pixto dapat membuat analisis TOWS yang bertujuan membuat strategi yang harus dilakukan oleh Pixto. Strategi yang harus dilakukan adalah Pemasaran dengan pemasaran digital yang terdiri dari media sosial, pasar, dan pembuatan situs web dan bauran pemasaran baru yang diusulkan untuk Pixto terdiri dari produk, harga, dan promosi. Produk yang diusulkan dalam penelitian ini adalah tentang pengemasan dan label hang. Pixto harus menjaga harga terjangkau karena daya beli masyarakat Indonesia. Kegiatan promosi yang harus dilakukan adalah melalui diskon dan acara. Strategi pemasaran yang diusulkan terdiri dari pemasaran digital melalui media sosial, pasar online, dan situs web. Media sosial yang digunakan sebagai saluran pemasaran adalah Facebook dan Instagram karena situs tersebut adalah media sosial paling aktif dan favorit di Indonesia. Membuat situs web sangat penting bagi Pixto untuk memberikan informasi tentang bisnisnya untuk meyakinkan dan membangun kepercayaan pada pelanggan. Kegiatan promosi yang harus dilakukan adalah melalui diskon, pameran photogragi, pemberian voucher dan membagikan brosur. Diskon yang diusulkan dalam penelitian ini terdiri dari jumlah diskon musiman dan diskon seperti diskon tahun baru, diskon valentine, dan diskon Iedul Fitri. Pixto juga dapat ikut serta dalam berbagai pameran fotografi dengan segmen target dan promosi yang sama melalui voucher dan membagikan brosur di acara-acara yang diadakan di berbagai acara pernikahan atau acara kelulusan kampus. Dengan menerapkan Strategi yang diusulkan dalam penelitian ini, Pixto diharapkan mampu bersaing di pasar dan menciptakan bisnis yang berkelanjutan. Selain itu, Pixto diharapkan dapat dikenal oleh masyarakat dan perusahaan Indonesia ini sehingga dapat memperoleh volume penjualan yang tinggi