Start-up dihadapkan pada berbagai tantangan dan ketidakpastian, oleh karena itu
strategi pemasaran yang komprehensif harus dikembangkan untuk mendukung tantangan saat
ini. Bisnis saat ini sangat tidak pasti, pelanggan menjadi pintar untuk memilih produk, perilaku
konsumen dapat berubah setiap saat, kondisi ekonomi tidak dapat diprediksi, teknologi
berkembang pesat dan persaingan sangat ketat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengeksplorasi strategi yang efektif untuk meningkatkan pendapatan Pixto. Metodologi
penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan studi literatur dan wawancara
mendalam untuk mengeksplorasi strategi yang paling efektif untuk Pixto.
Untuk mempertahankan eksistensinya dan menciptakan bisnis yang berkelanjutan,
Pixto tidak memiliki strategi pemasaran yang jelas. Karena pelanggan mereka menjadi lebih
baik, lebih terhubung, lebih komunikatif, dan lebih terkendali daripada sebelumnya. Mereka
lebih memegang kendali melalui kemampuan tidak hanya untuk mempersonalisasikan
konsumsi informasi dan hiburan mereka, pesan pemasaran, dan produk dan layanan yang
mereka beli, tetapi juga untuk mendapatkan kepuasan atas permintaan.
Setelah analisis SWOT ditentukan, Pixto dapat membuat analisis TOWS yang
bertujuan membuat strategi yang harus dilakukan oleh Pixto. Strategi yang harus dilakukan
adalah Pemasaran dengan pemasaran digital yang terdiri dari media sosial, pasar, dan
pembuatan situs web dan bauran pemasaran baru yang diusulkan untuk Pixto terdiri dari
produk, harga, dan promosi. Produk yang diusulkan dalam penelitian ini adalah tentang
pengemasan dan label hang. Pixto harus menjaga harga terjangkau karena daya beli
masyarakat Indonesia. Kegiatan promosi yang harus dilakukan adalah melalui diskon dan
acara.
Strategi pemasaran yang diusulkan terdiri dari pemasaran digital melalui media sosial,
pasar online, dan situs web. Media sosial yang digunakan sebagai saluran pemasaran adalah
Facebook dan Instagram karena situs tersebut adalah media sosial paling aktif dan favorit di
Indonesia. Membuat situs web sangat penting bagi Pixto untuk memberikan informasi tentang
bisnisnya untuk meyakinkan dan membangun kepercayaan pada pelanggan. Kegiatan promosi
yang harus dilakukan adalah melalui diskon, pameran photogragi, pemberian voucher dan
membagikan brosur. Diskon yang diusulkan dalam penelitian ini terdiri dari jumlah diskon
musiman dan diskon seperti diskon tahun baru, diskon valentine, dan diskon Iedul Fitri. Pixto
juga dapat ikut serta dalam berbagai pameran fotografi dengan segmen target dan promosi
yang sama melalui voucher dan membagikan brosur di acara-acara yang diadakan di berbagai
acara pernikahan atau acara kelulusan kampus.
Dengan menerapkan Strategi yang diusulkan dalam penelitian ini, Pixto diharapkan
mampu bersaing di pasar dan menciptakan bisnis yang berkelanjutan. Selain itu, Pixto
diharapkan dapat dikenal oleh masyarakat dan perusahaan Indonesia ini sehingga dapat
memperoleh volume penjualan yang tinggi