digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

PT ABC merupakan salah satu perusahaan jasa konstruksi di wilayah Sumatera Selatan, Indonesia. Perusahaan ini memiliki beberapa asset utama seperti Pabrik Pembuatan Aspal dan alat berat. Seiring dengan pembangunan kosntruksi di daerah Sumatera Selatan, peluang bagi PT ABC untuk mendapatkan proyek semakin meningkat. Namun, kinerja perusahaan saat ini belum optimal. Perusahaan mengalami pendapatan yang tidak stabil dari tahun ke tahun karena belum memiliki strategi yang kuat. Tujuan dari penelitian ini adalah menciptakan strategi bisnis untuk membuat nilai tambah ekonomis yang lebih tinggi melalui perbaikan kinerja perusahaan. PT ABC perlu menganalisis kondisi lingkungan eksternal untuk mengidentifikasi peluang dan ancaman yang akan dihadapi, serta analisis internal perusahaan untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan yang dimiliki. Proses ini disebut sebagai Analisa SWOT. Proses pembuata strategi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Strategi Arah, Strategi Kompepetitif Generik Porter, TOWS, Kartu Keseimbangan, dan Indikator Kinerja Utama. Setelah menemukan SWOT perusahaan, maka akan dilanjutkan dengan mencari strategi alternatif dalam menghadapi kondisi saat ini menggunakan strategi arah perusahaan. Kemudian dilanjutkan dengan strategi bisnis untuk menentukan fokus perusahaan. Untuk strategi fungsional, dapat diambil dari TOWS matriks yang dilengkapi dengan kartu keseimbangan. Kartu Keseimbangan ini dibuat dengan mengacu kepada visi dan misi perusahaan, serta kondisi saat ini untuk menentukan target kinerja masing masing manajer perusahaan dan diukur melalui Indikator Kinerja Utama. Semua strategi dibuat sejalan dengan tujuan utama untuk meningkatkan nilai ekonomis perusahaan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan nilai ekonomis perusahaan melalui strategi yang telah dibuat. Dengan menerapkan strategi ini, kinerja perusahaan akan dievaluasi kembali menggunakan indicator yang ada. Strategi ini diterapkan untuk 5 tahun kedepan.