digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2019_TS_PP_ADITYO_1-Abstrak.pdf ]
PUBLIC Yose Ali Rahman

SunnySide Coffee merupakan sebuah perusahaan kopi. SunnySide Coffee didirikan pada 26 Maret 2016. Slogan dari perusahaan ini adalah “No Side Better Than SunnySide”. Slogan ini mendefiniskan kami sebagai kedai kopi pencetus di Antapani. Perusahaan ini menawarkan varian produk berkualitas dengan harga yang terjangkau. Saat ini perusahaan ini menawarkan varian produk kopi, non-kopi, teh dan camilan. Namun produk unggulan perusahaan ini adalah Es Kopi Rumahan. Perusahaan kami ingin memberikan pesan kepada konsumen bahwa kopi enak tidak harus mahal. Dari analisa internal, peneliti menemukan SunnySide Coffee telah memiliki citra merek yang baik terhadap konsumen di daerah Antapani. Dan juga berhasil memposisikan diri sebagai kedai yang menjual kopi spesialiti dengan harga terjangkau. Untuk analisa eksternal peneliti menggunakan Porter’s Five Forces dan analisa pesaing. Analisa eksternal menunjukan bahwa SunnySide Coffee masih memiliki kekurangan dalam beberapa aspek. Persaingan bisnis yang ketat membuat perusahaan lebih beradaptasi terhadap situasi. Sangat jelas bahwa pesain memberikan “penyegaran” setiap bulan kepada konsumen dari sisi produk dan promosi. Hal ini menyebabkan SunnySide Coffee masih kesulitan dengan laba bersih yang rendah. Rencana implementasi terdari dari beberapa metoda, penataan ulang outlet untuk memberikan suasana yang baru, konsep produk baru yang termasuk menu signatur dan kemasan baru, konsep konsep harga baru serta konsep promosi baru dengan 2 cara iklan (Iklan radio & Instagram Ads). Perusahaan ini akan menjalankan konsep untuk menjadi kedai kopi yang khas di Antapani. Hasil dari penetelitian ini, perusahaan harus membuat produk makanan dan kopi khas yang baru dengan harga terjangkau. Selain itu, perusahaan juga harus membuat nuansa outlet yang baru untuk mengangkat minat dari pasar