digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

PT ABC adalah perusahaan produsen vaksin milik negara indonesia. PT ABC sudah berdiri selama 128 tahun dan merupakan supplier tunggal vaksin wajib dan vaksin tambahan di seluruh Indonesia. Pada tahun 2012, PT ABC berhasil memproduksi vaksin flu dan muali dipasarkan ke masyarakat Indonesia. Namun, dari awal tahun vaksin ini dikenalkan ke masyarakat Indonesia, penjualan vaksin ini belum pernah mencapai target penjualan. Tujuan dari penelitian ini adalah menciptakan strategi pemasaran untuk flu vaksin PT ABC agar penjualan bisa mencapai target yang diharapkan perushaan. PT ABC perlu menganalisis kondisi internal dan eksternal dari bisnis flu vaksin agar bisa memformulasikan marketing strategi yang baru. Proses pembuatan strategi marketing yang baru di penelitian ini adalah analisis situasi, analisis sumber daya, analisis model bisnis kanvas, analisis value chain, analisis industrial, analisis lingkungan general, analisis kostumer, dan analisis kompetitor. Dalam penelitian ini dilakukan interview baik secara qualitative dan quantitative untuk mencari tahu keadaan masyarakat Bandung saat ini terhadap vaksin flu. Interview ini dilakukan untuk melihat kecenderungan masyarakat dalam mengobati dan mencegah flu serta sejauh mana pengetahuan masyarakat Bandung terhadap vaksin flu.Untuk analisis kostumer digunakan kuesioner dengan 210 respondent. Agar strategi pemasaran baru lebih efektif, PT ABC harus lebih mengerucutkan segmentasi pasarnya. Untuk penelitian ini segmentasi pasar yang baru adalah orang dengan produktivitas tinggi dan berada di umur milenial atau berkisar antara 17 sampai 34 tahun. Analisis penelitian menggunakan metode analisis deskriptif untuk menganalisis keadaan dan kondisi responden terhadap flu vaksin. Analisis internal dan external kemudian dirangkum dalam analisis SWOT. Setelah menemukan SWOT perusahaan, maka dilanjutkan dengan pembuatan strategi pemasaran baru. Strategi pemasaran yang baru dibuat dengan membuat strategi marketing mix 4P yang baru namun hanya berfokus pada promosi, harga, dan tempat. Semua strategi dibuat dengan tujuan utam ayaitu meningkatkan penjualan flu vaksin. Hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan penjualan vaksin flu PT ABC melalui strategi pemasaran baru yang dibuat. Dengan menetapkan strategi pemasaran yang baru, PT ABC harus terus mengevaluasi strategi pemasaran yang dipakai agar bisa terus meningkatkan kinerja pemasaran di flu vaksin.