digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Keterlibatan karyawan adalah komitmen emosional karyawan terhadap organisasi dan tujuan organisasinya. Komitmen emosional ini berarti karyawan yang terlibat benar-benar peduli dengan pekerjaan dan perusahaan mereka. Karyawan yang terlibat akan memberikan kinerja terbaiknya bagi perusahaan dan kinerja karyawan adalah salah satu penentu keberhasilan suatu perusahaan atau organisasi dalam mencapai tujuannya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dampak model keterlibatan karyawan terhadap kinerja karyawan entry level di PT Pos Indonesia. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari distribusi kuesioner kepada 277 karyawan yang tersebar di seluruh wilayah di Pulau Jawa-Bali. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel keterlibatan karyawan, vigor, dedikasi, dan penyerapan secara signifikan dan simultan mempengaruhi kinerja karyawan. Vigor memiliki pengaruh paling dominan terhadap kinerja karyawan di Wilayah Jawa-Bali. Dari hasil ini peneliti kemudian merumuskan solusi yang dapat diimplementasikan oleh Pos Indonesia dalam bentuk kerangka manajemen bakat.