digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Viana Kaftan adalah bisnis startup di bidang fashion wanita yang didirikan pada bulan November 2018. Viana Kaftan memiliki konsep membawa kesan modern dan elegan, dengan desain yang unik dan kualitas premium yang mewah.Viana Kaftan memperkenalkan kaftan yang bukanhanya di pakaiuntukharirayatapicocokuntukaktivitasformal lainnya .Perusahaan menggunakan platform digital yang berfokuspada Instagram sebagaikatalog digital dansaluranpembelian. Viana Kaftan sendirimemilikibeberapamasalahseperti branding, kurangnyasumberdayamanusiauntukmenjalankanbisnisinidan proses penetrasipemasaran. Seperti yang disebutkan, Viana Kaftan hanyamenjualmelalui Instagram danmemaksimalkanperan Instagram untukmemperkenalkanprodukkepadapenggunapotensialataupengguna Instagram, jadiobjektifdaripenelitianiniadalahuntukmengatasimasalahkinerja Instagram yang masihrendah. Metodepenelitianmenggunakananalisis data kualitatif, yang fokusuntukmewawancaraiwanita yang tinggal di Bandung dan Jakarta.Langkahpertamaadalahmengidentifikasimasalahpada internal perusahaan.Analisis internal inimencakupanalisis STP dananalisisBauranPemasaran yang digunakanuntukmemahamipreposisiperusahaandalamhalmemahamikelemahandankekuatan.Melaluianalisis internal danmenggunakanwawancarapelanggan, penulismenemukanbahwaViana Kaftan memilikicitraproduk yang baik.Melaluiwawancaramendalampadaprodukdenganbeberaparesponden, penulis juga menemukanbahwaproduktersebutmemilikicitrasebagai fashion wanitadengandesain yang baik, kualitastinggidanhargaterjangkau.Namun, faktoreksternaldianalisismenggunakan Porter 5 Forces dan Competitor Analysis.Melaluianalisiseksternalpenulis juga menemukanbahwaViana Kaftan masihkurangdalamstrategipemasaranterutamauntukmenembuspasardan proses pengembanganprodukbaru yang dapatmenghasilkanprodukberdasarkankesiapandanperilakupasar. Sebagai hasilnya, penulis menemukan bahwa menggunakan Instagram sebagai katalog dan saluran pembelian harus memahami perilaku pengikut dan kebutuhan bersama dengan konten yang menarik,gambar produk baik, danmencobamembuatiklan di Instagram sehingga pada penelitian ini sangat penting untuk memilih dan menargetkan persona pelanggan yang tepat untuk dicapaidanmeningkatkan penjualan di halaman Instagram. Rencanaimplementasiterdiridarilini masa aktivitas, rencanapembiayaandanarahpenelitian masa depan. Sebagai hasil akhir, proposal rencana aksi strategi pemasaran Instagram selama 3 bulan tersedia untuk mengimplementasikan strategi yang dirumuskan. Penulis juga menganggarkan biaya pemasaran Instagram selama 3 bulan ke depan yang berisi total biaya yang Viana Kaftan butuhkanuntukmelaksanakanaktivitasnya. Diharapkan rencana implementasi ini dapat membantu Viana Kaftan untuk mengatasi masalah bisnis yang dihadapi.