Article Details

USULAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK INDUTRI PERHOTELAN DI PEKANBARU (STUDI KASUS: HOTEL MUTIARA MERDEKA)

Oleh   Annisa Noviani Rachmah [29117058]
Kontributor / Dosen Pembimbing : Ir. DwiLarso, MSIE.,Ph.D.
Jenis Koleksi : S2 - Tesis
Penerbit : Magister Bisnis dan Administrasi - Teknologi
Fakultas : Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM)
Subjek : General management
Kata Kunci : Strategi bisnis, Tingkat hunian, Industri perhotelan, SWOT
Sumber : MUTIARA MERDEKA HOTEL
Staf Input/Edit : Neng Kartika   Ena Sukmana
File : 1 file
Tanggal Input : 2019-05-06 11:32:54

Hotel Mutiara Merdeka adalah hotel bintang empat yang sudah berdiri sejak tahun 1992 di Pekanbaru, Riau. Hotel yang sudah lama berdiri ini memiliki fasilitas berupa 165 kamar, 2 Ballroom, 7 ruang pertemuan dengan kapasitas yang berbeda, dan beberapa fasilitas pendukung lainnya. Hotel Mutiara Merdeka melestarikan layanan keramahan tradisional Indonesia dan menciptakan suasana mewah yang hangat di masanya yang nyaman untuk mendapatkan istirahat yang berkualitas. Masalah yang sedang di hadapi oleh Mutiara Merdeka Hotel ialah terjadinya penurunan occupancy rate yang mengakibatkan penurunan penjualan dan profitabilitas perusahaan. Meningkatnya pertumbuhan hotel baru di Pekanbaru dan tidak sebandingnya pengunjung yang dating menginap menjadikan industry perhotelan mengalami kelebihan pasokan. Dengan persaingan kompetisi yang semakin ketat, Hotel Mutiara Merdeka memerlukan strategi marketing baru agar dapat meningkatkan performa dan mampu bertahan di pasar persaingan. Berdasarkan dari hasil analisa internal, didapati kekuatan dari Mutiara Merdeka Hotel ialah nilai brand, lokasi yang strategis, kamar tidur yang luas dan ruangan serbaguna yang dapat menampung kapasitas besar. Namun disisi lain terdapat kekurangan seperti kurangnya profesionalitas dan performa stafd alam pelayanan, property yang tidak mencerminkan sebagai hotel bintang empat, and kurangnya akuisisi pelanggan dan inisiatif retensi. Strategi yang diusulkan adalah merenovasi bangunan, kamar, dan fasilitas agar terlihat lebih segar dan tidak ketinggalan zaman serta mengganti properti yang tidak layak. Untuk meningkatkan kinerja layanan staf, disarankan untuk memberikan pelatihan berdasarkan fungsi pekerjaan mereka setidaknya 1 tahun dan mengimplementasikan program seperti "karyawan terbaik bulan ini". Setelah perbaikan dilakukan, penampilan, positioning dan strategi pemasaran baru akan dipasarkan melalui saluran distribusi langsung dan tidak langsung. Dan selalu aktif untuk membalas ulasan pelanggan di setiap platform diperlukan untuk menjaga performa hotel. Proposal rencana aksi strategi pemasaran untuk Hotel Mutiara Merdeka melaksanakan strategi yang dirumuskan dalam dua tahun kedepan telah tersedia. Diharapkan rencana ini dapat membantu Hotel Mutiara Merdeka mengatasi masalah bisnis yang dihadapi dan menjadi lebih baik lagi.