digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Go Express adalah bidang usaha yang bergerak di jasa logistik yang merupakan anak perusahaan Garuda Indonesia. Go Express memiliki filosofi yang berarti jasa pengiriman cepat yang diresmikan pada hari jadi Garuda Indonesia yang ke-60 tahun yaitu pada tahun 2009. Go Express memiliki visi yaitu menjadi perusahaan nasional terbaik dan terdepan dalam pengiriman di Indonesia. Go Express memiliki beberapa keunikan dibandingkan perusahaan kompetitor lain yaitu memiliki akses prioritas di 3 maskapai terbaik di Indonesia. Selain itu, Go Express juga memiliki akses Visibility Tracking System yang tidak dimiliki oleh jasa logistic lainnya. Go Express tidak memiliki strategi pemasaran yang kuat seperti jasa logistik lainnya. Karena itu, tidak banyak orang yang mengetahui tentang Go Express. Penjualan mereka masih sangat rendah terutama di kota Bandung. Pendapatannya masih belum cukup untuk menutupi biaya operasional. Situasi ini telah menyebabkan mereka mengalami masalah keuangan secara internal yang menyebabkan mereka mengalami kerugian. Penelitian ini bertujuan untuk membantu Go Express menganalisis faktor eksternal (konsumen, competitor) dan internal, analisis POP dan POD, dan analisis akar penyebab untuk menetapkan usulan strategi untuk meningkatkan daya saing Go Express. Dari analisis eksternal dan internal, ditemukan banyak peluang dan juga ancaman di industri logistic di Indonesia. Analisis eksternal harus digabungkan bersama dengan analisis internal untuk melakukan analisis kesenjangan kompetitif.. Pada analisis akar penyebab, hal yang menunjukkan bahwa alasan Go Express menghadapi penjualan rendah adalah karena ada kesenjangan antara strategi pemasaran saat ini dengan ekspektasi konsumen Go Express. Go Express kurang maksimal dalam promosi. Go Express menggunakan media sosial seperti Instagram dan Facebook, namun Go Express tidak sesering pesaingnya dalam mengupdate foto dan informasi di media sosial mereka. Go Express juga tidak memiliki lokasi yang strategis dan ramai. Strategi yang diusulkan dibuat dari analisis SCA (Sustainability Competitive Advantage) untuk mengetahui sumberdaya Go Express yang bisa menjadi kekuatan di industri jasa pengiriman ini. Setelah melakukan analisis SCA, peneliti mengusulkan strategi untuk menjawab permasalahan utama yang dihadapi Go Express. SCA yang dipilih oleh peneliti adalah fokus pada service excellence.