digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Budaya konektivitas melalui seluler telah membawa perilaku beralih, yang diharapkan orang terus berkembang karena alasan bahwa media sosial telah menjadi kebutuhan baru dalam kehidupan manusia. Terlepas dari kenyataan penurunan penjualan ritel, penjualan online dan e-commerce tumbuh pesat. Studi ini dimaksudkan untuk mengetahui solusi bisnis untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi Monze dengan menganalisis lingkungan bisnis Monze, untuk merumuskan strategi pemasaran digital yang paling cocok. Monze telah menjalankan bisnisnya selama hampir tiga tahun sejak 2016, tetapi meskipun tujuannya untuk menjadi pemimpin pasar dalam industri kulit, Monze masih sulit menembus pasar. Sementara itu, pesaing lain telah menjual produk mereka menggunakan toko situs web yang mandiri. Mengandalkan hanya ke pasar dan melalui toko offline tidak cukup bagi Monze untuk mencapai targetnya. Metodologi penelitian yang digunakan untuk penelitian ini adalah mengidentifikasi masalah bisnis yang dihadapi oleh perusahaan. Hal ini dilakukan dengan melakukan wawancara pendahuluan dengan tim internal Monze, dan kemudian analisis lingkungan bisnis, merumuskan SWOT dan kemudian metode kuantitatif untuk mengetahui hubungan antara iklan online dan promosi penjualan dengan sikap pelanggan terhadap Monze menggunakan model E-IMC. Regresi logistik ordinal digunakan dalam penelitian ini untuk menemukan apakah setiap pernyataan tentang iklan online dan promosi penjualan online memengaruhi variabel dependen yang merupakan sikap responden terhadap Monze. Setelah itu perumusan strategi untuk meningkatkan pemasaran digital situs web Monze, dan rencana implementasi yang terakhir disarankan setelah mendapatkan solusi bisnis. Spanduk, iklan bergambar di media sosial yang ditampilkan di situs web, dan SEO sebagai saluran iklan daring untuk mengoptimalkan potensinya untuk meningkatkan jumlah pengunjung secara signifikan memengaruhi sikap pelanggan terhadap Monze. Untuk promosi penjualan online, diskon, promosi (beli 1 gratis 1) dan promosi musiman di situs web secara signifikan mempengaruhi sikap pelanggan terhadap Monze.