digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Lunar Maker adalah merek fashion yang berbasis di Bandung yang fokus pada aksesoris fashion wanita yang telah didirikan pada bulan Januari 2016. Konsep Lunar Maker adalah statement accessories, konsep tersebut membuat pengguna terlihat elegan namun eye-catching. Lunar Maker selalu membuat aksesori untuk membuatnya "eye-catching" dengan setiap detail. Produk Lunar Maker adalah anting dan kalung. Saat ini, desain produk Lunar Maker masih sederhana dan desainnya tergantung pada bahan dari pemasok. Variasi produk Lunar Maker masih kecil dan juga kurang bervariasi. Lunar Maker tidak memiliki timeline dalam meluncurkan koleksi baru karena setiap koleksi baru dibuat sesuai dengan item ketersediaan barang dari pemasok dan juga Lunar Maker masih tidak memiliki petunjuk tentang pengembangan produk baru, Penelitian ini akan menganalisis pengembangan produk baru untuk Lunar Maker menggunakan metode Lean Startup untuk menyelesaikan masalah bisnis. Penelitian ini menggunakan literatur sebagai referensi, didukung dengan data yang diterima dari wawancara dan kuisioner. Menggunakan metode Lean Startup, Lunar Maker memiliki dua asumsi tentang nilai dan hipotesis pertumbuhan. Untuk menguji asumsi menggunakan minimum produk yang layak untuk mengetahui review produk dengan mempertimbangkan umpan balik yang dapat membuat produk mendapatkan perbaikan. Untuk menyelesaikan masalah bisnis, Lunar Maker menggunakan analisis kondisi internal menggunakan Segmenting Targeting dan Positioning dan juga rantai nilai untuk mengidentifikasi deskripsi tentang pelanggan dan kegiatan utama yang dapat menambah nilai pada produk. Dan untuk analisis eksternal, riset menggunakan proposisi nilai dan tolok ukur untuk mengidentifikasi produk apa yang dapat cocok di pasar dan menganalisis tentang beberapa pesaing. Lunar Maker menggunakan nilai hipotesis "kami percaya pelanggan akan membeli anting-anting Lunar Maker karena nyaman dan elegan untuk dipakai" dan hipotesis pertumbuhan "kami percaya pelanggan kami akan dengan senang hati merekomendasikan produk kami kepada teman-teman mereka". Dengan Produk Layak Minimum menyimpulkan hasil bahwa dua asumsi lulus tes. Lunar Maker melakukan wawancara dan menanyakan apa yang dirasakan pelanggan tentang produk itu dapat membantu mengukur penerimaan produk.