BPJS Ketenagakerjaan adalah salah satu institusi pemerintah terbesar yang ada di Indonesia. Berdasarkan data dan analisa perusahaan, perusahaan mengalami penuruan angka loyalitas konsumen terhadap brand BPJS Ketenagakerjaan, khusunya di daerah Jawa Barat. Untuk mengatasi hal tersebut perusahaan membutuhkan strategi marketing yang efektif agar tingkat loyalitas konsumen terhadap BPJS Ketenagakerjaan dapat terus meningkat. Hal ini menjadi isu yang menarik untuk diteliti dengan mengetahui bagaimana pandangan pekerja informal terhadap brand BPJS Ketenagakerjaan sekarang. Kemudian, penelitian ini juga akan melihat elemen-elemen brand apa saja yang berpengaruh terhadap peningkatan loyalitas konsumen terhadap brand BPJS Ketenagakerjaan.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode analisis kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif pada penelitian ini didasarkan pada wawancara dan analisis kuantitatif dengan menggunakan teknik sampling. Ruang lingkup penelitian ini didasari pada situasi dan kondisi terkini tingkat loyalitas konsumen terhadap brand BPJS Ketenagakerjaan di Jawa Barat. Hasil analisa riset, mengacu pada 3 analisa variable yang didasari oleh model SEM-PLS, yaitu tingkat kesadaran terhadap brand, atribut brand, dan asosiasi terhadap brand menunjukan bahwa variabel-variabel tersebut memiliki hubungan positif dan dampak yang signifikan dalam mempengaruhi tingkat loyalitas brand terhadap BPJS Ketenagakerjaan. Berdasarkan survey ini, penelitian ini akan menggunakan strategi pemasaran Guillera adalah untuk meningkatkan loyalitas merek pelanggan, khususnya pekerja informal.
Perpustakaan Digital ITB