digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Perkembangan media daring saat ini semakin berkembang di Indonesia seiring bertumbuhnya pengguna internet di Indonesia. Apaya.co merupakan salah satu media online yang berbasis di Denpasar, Bali. Apaya.co mulai beroperasi sejak awal 2017 yang dimana terdiri dari empat anggota tim. Selama fase pertumbuhan, Apaya.co menghadapi beberapa masalah dari factor internal dan eksternal. Peneliti melakukan analisis terhadap beberapa factor yang mempengaruhi Apaya.co secara eksternal dengan menggunakan analisis PEST, analisis eksplorasi merek yang mengamati ekuitas merek yang diperoleh Apaya.co selama ini, dan analisis posisi merek yang terdiri dari poin persamaan dan poin perbedaan dari Apaya.co dengan pesaingnya. Untuk factor internal, peneliti menggunakan analisis STP, analisis inventaris merek, dan analisis platform. Setelah menganalisis factor internal dan eksternal, kemudian dilanjutkan dengan penggunaan matrix TOW untuk memperoleh strategi alternative dan memilih strategi yang paling cocok untuk diimplementasikan. Hasil dari penelitian ini adalah beberapa strategi yang akan mulai dilaksanakan pada bulan Februari 2019. Peneliti berharap agar strategi yang dipilih akan dapat menyelesaikan masalah yang Apaya.co hadapi dan tetap terus berkembang.