2019_TS_PP_RASHID_MUTHAHAR_HAKIM_29117269-Abstrak.pdf
PUBLIC Open In Flipbook Yose Ali Rahman
Produk terrarium belum banyak dijual di masyarakat sebagai bentuk dekorasi. Sebagai perusahaan
yang menjual produk terrarium sebagai dekorasi ruangan maka Matkai harus mencari segementasi
pasar manakah yang paling memungkinkan untuk Matkai. Pada satu tahun terakhir penjualan matkai
tidak memiliki angka penjualan yang baik dan cenderung menurun pada akhir tahun. Sebagai
perusahaan baru yang menjual produk baru seperti terrarium dipasaran maka Matkai harus
memperkenalkan terlebih dahulu produk terrarium dan apa terrarium itu sendiri. Adapun ide dari
tulisan ini adalah untuk mengetahui metode pemasaran apa yang baik bagi produk terrarium ataupun
mencari target pasar yang memungkinkan melalui komunitas tanaman hias dan aquascape yang
memiliki ketertarikan yang sama terhadap tanaman dan dekorasi.
Beberapa metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur untuk mendapatkan dasar
– dasar teori yang digunakan dalam penelitian ini. Selanjutnya dalam tulisan ini digunakan metode
analisis internal dan external. Dalam metode internal penulis menggunakan STP Analysis dan
Marketing Mix 4p untuk menentukan kondisi internal perusahaan. Dengan mengetahui kondisi internal
perusahaan maka dapat ditentukan target market yang akan kita tuju dan bagaimana cara memasarkan
produk tersebut. Lalu penulis juga menggunakan analisis external dengan menggunakan Porter’s Five
Forces, Competitor Analysis, dan Collabolator Analysis. Pada analisi eksternal diharapkan mengetahui
kondisi eksternal perusahaan yaitu dengan mengetahui kondisi penyediaan dan permitaan pasar. Lalu
tentang kekuatan pesaing dan kekuatan kolaborasi. Dengan menggunakan qualitative teknik dengan
cara interview yang berdasarkan teori analisis sebelumnya terhadap beberapa praktisi dan anggota
komunitas tanaman hias dan aquascape untuk mengetahui target dan segementasi pasar yang paling
cocok untuk produk terrarium dengan lampu kayu oleh matkai. Interview dilakukan terhadap pelaku
bisnis pada bidang aquascape dan tanaman hias dan beberapa anggota komunitas tersebut.
Selanjutnya hasil interview dianalisis yang menghasilkan kesimpulan STP baru dan Marketing Mix
baru. Strategi pemasaran yang dihasilkan diantaranya target pasar yang berubah menjadi lebih spesifik
yaitu kepada penghobi tanaman dan dekorasi, usulan peningkatan kualitas produk, usulan klasifikasi
produk, berkolaborasi dengan toko hobi offline, dan pemasaran melalui grup media social komunitas
tersebut.
Perpustakaan Digital ITB