digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Indeks Pembangunan Teknologi Informasi dan Komunikasi (IP-TIK) Indonesia masih tergolong rendah dibandingkan dengan beberapa negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, dan Thailand. Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika merancang rencana pengembangan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK). Hal tersebut juga didukung oleh berkembangnya pengguna internet, pengguna smatrphone dan aktivitas e-commerce. Sehingga kebutuhan terhadap Data Center akan terus meningkat di Indonesia. PT Andalan Teknologi Mandiri mempunyai kesempatan dalam meningkatkan pendapatannya melalui produk baru dari Data Center, yaitu Micro Data Center. Terdapat beberapa kompetitor Micro Data Center yang harus dihadapi oleh PT Andalan Teknologi Mandiri. Tantangan bagi PT Andalan Teknologi Mandiri ini adalah bagaimana bersaing dengan competitor untuk memperoleh pendapatan yang lebih maksimal melalui inovasi Micro Data Center. Objective dari penelitian ini ialah untuk Mandiri mengidentifikasi permasalahan bisnis yang dihadapi PT Andalan Teknologi Mandiri secara internal maupun eksternal, dan tujuan akhirnya ialah untuk menyusun strategy (Tingkat Korporat, Tingkat Bisnis, dan Tingkat Fungsional) yang dapat di implementasi oleh PT Andalan Teknologi Mandiri. Lingkungan eksternal dilakukan dengan beberapa metode analisis, yaitu Analisis PEST, Analisis Industri, Analisis competitor. Sedangkan Analisis lingkungan internal dilakukan dengan beberapa metode juga, yaitu Analisis Sumber Daya, Analisis Kapabilitas, Analisis Kompetensi Inti, dan Value Chain Analysis. Hasil analisa lingkungan menunjukan bahwa PT Andalan Teknologi Mandiri memiliki pasar Micro Data Center yang cukup menjanjikan. PT Andalan Teknologi Mandiri harus menggunakan Related Constrained Diversification Strategy sebagai Strategi Level Korporat, strategi tersebut digunakan untuk meningkatkan nilai perusahaan. PT Andalan Teknologi Mandiri juga harus menggunakan strategi Focused Differentiation sebagai Strategi Level Bisnis untuk meningkatkan value added dibandingkan kompetitor. Sedangkan Strategi Level Fungsional dalam bidang Marketing, difokuskan pada customization produk Micro Data Center dan juga meningkatkan brand awareness; Untuk strategi operasi, difokuskan pada proyeksi supply and demand dari produk Micro Data Center itu sendiri; Untuk strategi R&D, difokuskan pada R&D produk pendukung Micro Data Center, yaitu Data Center Infrastructure Management Mobile Software; Terakhir ialah strategi keuangan, difokuskan dalam Project Cost Management. Implementasi strategi dilakukan dalam jangka waktu sampai dengan lima bulan. Dengan implementasi strategi tersebut, diharapkan PT Andalan Teknologi Mandiri mampu meningkatkan pendapatan dan juga mampu bersaing dengan kompetitor