Bisnis kafe dan kedai kopi berkembang pesat di era ini, dan dapat digunakan sebagai bisnis yang menguntungkan di era modern ini. Saat ini, minum kopi bukan hanya kegiatan yang dianggap biasa, tetapi sudah menjadi gaya hidup. Ini ditunjukkan dengan semakin banyaknya warung kopi di beberapa kota, termasuk Jakarta., Cethut Kopi adalah warung kopi yang memiliki fokus pada kuliner di Jawa Timur, khususnya Banyuwangi, dengan menyajikan produk kopi sebagai menu minuman andalan dan juga nasi khas Cethut. untuk menu makanan andalannya. Warung kopi ini sudah berdiri sejak Desember 2017, Satu tahun sejak mereka berjualan, Cethut memiliki dua cabang, yaitu di Lebak Bulus dan Satrio (Kuningan). Masalah yang dihadapi oleh Cethut adalah mereka tidak dapat memenuhi target penjualan yang diharapkan, Jadi ini membuat cethut memiliki masalah bisnis untuk diselesaikan
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat membentuk strategi komunikasi pemasaran yang tepat bagi Cethut untuk dapat meningkatkan engagement media sosial Cethut, dan juga dapat meningkatkan penjualan dari Cethut, dengan membuat strategi komunikasi pemasaran. Dalam mengusulkan strategi yang tepat untuk cethut dengan menggunakan analisis kondisi internal dan eksternal pada cethut. analisis internal dari analisis STP dan dari analisis bauran pemasok (7P). Sedangkan analisis eksternal terdiri dari analisis PEST, analisis 5 kekuatan Porter, dan analisis pesaing. Hasilnya adalah bahwa masalah utama ada di departemen pemasaran, seperti kurangnya keterlibatan media sosial dengan Cethut. Untuk mengatasi masalah ini, analisis SWOT digunakan, yang setelah itu dikembangkan menjadi matriks TOWS, dan dalam penelitian ini Matriks TOWS diformulasikan menjadi beberapa strategi komunikasi pemasaran yang tepat.
Hasil dari beberapa tindakan pemasaran. Salah satu hal yang dianggap penting dan dapat dilakukan oleh Cethut adalah mengoptimalkan penggunaan media sosial, yaitu Instagram dan Facebook, yang dapat digunakan sebagai alat untuk meningkatkan keterlibatan konsumen terhadap Cethut. Beberapa strategi seperti dukungan, promosi berbayar dapat membantu Cethut untuk mengatasi masalah mereka. Selain pemasaran digital, Cethut juga dapat membuat acara yang dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan dari Cethut.
Perpustakaan Digital ITB