Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa masalah utama dan strategi pemasaran yang paling cocok untuk bisnis ritel toko online Shopastelle yang menjual produk perawatan kecantikan buatan sendiri.
Ada dua fase penelitian ini yaitu analisis internal dan eksternal untuk mengetahui apa penyebabnya kemudian, temukan solusi yang terkait dengan masalah bisnis. Penelitian ini menggunakan analisis Segmenting, Targeting, dan Positioning (STP), Marketing Mix 4Ps, PESTEL, Lima Kekuatan Porter, Analisis Pesaing dan analisis SWOT. Pada akhir bagian penelitian, peneliti menggunakan TOWS Matrix untuk menghasilkan ide dan memilih strategi untuk Shopastelle.
Menurut analisis akar penyebab Shopastelle menghadapi penjualan menurun karena kurangnya kurangnya kepercayaan pelanggan, kurangnya perbedaan produk, kegiatan pemasaran tidak terorganisasi dengan baik dan persaingan yang tinggi.
Penelitian ini mengusulkan strategi pemasaran untuk Shopastelle. Strategi yang menggunakan bauran pemasaran dengan hasil yang diperoleh adalah Shopastelle harus meningkatkan kualitas dan variasi produk berdasarkan tren terakhir untuk bersaing dengan pesaing, Shopastelle dapat menggunakan strategi harga dengan strategi harga bundling, Shopastelle akan memilih untuk fokus pada penjualan di situs web dan pasar. Shopastelle akan memprioritaskan penjualan di wilayah Jakarta, Bandung, Surabaya dan Bali dengan memiliki kriteria untuk pembeli yang sudah memahami pembelian online dan Shopastelle akan meningkatkan promosi untuk meningkatkan penjualan oleh Shopastelle harus mengembangkan promosi menggunakan iklan media sosial untuk mendapatkan pelanggan baru dan harus meningkatkan layanannya untuk mendapatkan kesan pertama yang lebih baik dan mendapatkan kepercayaan dari pelanggan baru. Semua strategi akan dilaksanakan oleh Shopastelle dalam periode waktu.
Perpustakaan Digital ITB