IDEedu adalah sebuah startup pendidikan yang menawarkan kursus online. Berdiri di Bandung pada tahun 2016 dan kini menjadi salah satu dari 15 besar kursus online di Indonesia. Sebagai sebuah start-up IDEedu harus menghadapi persaingan yang ketat dalam industri layanan pendidikan. Isu bisnis di IDEedu adalah rendahnya penjualan dan tren penjualan yang menurun mulai awal 2017 hingga sekranag.
Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan solusi pemasaran untuk IDEedu, khususnya meningkatkan penjualan melalui strategi pemasaran yang sesuai dengan fase perusahaan startup. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, diawali dengan studi pustaka, selanjutnya analisis internal perusahaan melalui STP analysis, marketing mix dan customer survey kepada 120 sample. Selanjutnya analisis ekternal perusahaan melalui PEST analysis, five porter force dan competitor analysis dengan indikator marketing mix untuk mengetahui posisi IDEedu dengan kompetitor. Dari hasil analisis aspek marketing mix ditemukan masalah dalam produk dan promosi. Layanan kursus sebagai produk utama di IDEedu jumlahnya sedikit dan pertumbuhan kursus baru lambat. Selanjutnya pada sisi promosi, IDEedu hanya mempunyai sedikit program promosi dan terfokus pada strategi sepenuhnya online. Temuan berikutnya adanya potensi untuk meningkatkan harga kursus hal ini didasari dari hasil survey yang memperlihatkan perilaku konsumen dan kemampuan membeli yang cukup tinggi.
Hasil analisis business solution memperlihatkan bahwa IDEedu membutuhkan new marketing mix strategy. Hasil penelitian ini menemukan strategi marketing baru yang dapat di implementasikan oleh IDEedu yaitu: (1) Meningkatkan jumlah layanan kursus melalui kerjasama dengan lembaga pendidikan, (2) Bundle Pricing Strategy, (3) Social Media Marketing, (4) Educational Bazzar dan seminar, (5) Freemium Consultation, (6) Affiliation and member get member. Strategi-strategi ini diimplementasikan pada new marketing mix strategy dan business model canvas. Implementasi strategi ini akan membantu IDEedu untuk meningkatkan penjulan melalui strategi pemasaran yang tepat dan lebih efesien.
Perpustakaan Digital ITB