digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Nirmana yang dipelajari selama tahun pertama perkuliahan, kini diwujudkan dengan medim tekstil. Nirmana sendiri yang merupakan ilmu rupa dasar, memiliki unsur dan prinsip yang kaya. Dengan mengolah unsur dengan prinsipnya,nirmana kini dimanfaatkan lebih fokus lagi untuk produk fashion maupun tekstil. Fashion yang terus berkembang dan banyaknya disainer disainer muda yang berkembang, memberikan inspirasi kepada penulis untuk memberi kontibusi dalam bentuk inovasi dan ke khas an dalam perancangan disain. Semakin maraknya permainan struktur / volume di dunia Fashion, memberikan peluang besar untuk menghadirkan nirmana melalui permainan ukuran modul dan warnanya yang bergradasi, selain itu penulis juga mencoba menggabungkan nirmana 2d dan 3d dalam satu kesatuan. Yang tentunya memberi alternatif / inovasi di bidang fashion maupun nirmana itu sendiri. Dalam mewujudkan nirmana 3d maupun 2d, disesuaikan dengan penggunaan bahan yang efektif dan juga penggunaan teknik yang tepat. Untuk menghasilkan karya / produk yang memiliki daya jual yang tinggi, penulis menonjolkan kekuatan jahit tangan, dan memanfaatkan kecanggihan mesin. Sehingga produk yang dihasilkan modern dan unik. Produk akhir dari tugas akhir ini merupakan pengembangan / pengulangan dari modul yang telah terpilih. Menghadirkan tiga busana, dan tiga kain yang bisa di representasikan sebagai busana, dan juga tiga buah syal. Dengan mengolah bentuk Nirmana untuk produk fashion dan tekstil, diharapkan bisa mengenalkan kepada masyarakat lebih luas lagi tentang nirmana, dan mamberikan angin segar di dunia fashion maupun kekayaan tekstil Indonesia.