Sentul City sebagai perusahaan pengembang hunian ramah lingkungan memiliki produk yang sesuai dengan permintaan dan tren pasar yang ada, namun market share penjualan Sentul City dibandingkan dengan perusahaan sejenis tergolong rendah, oleh sebab itu penulis akan berusaha mengidentifikasi akar permasalahan yang menyebabkan rendahnya kinerja penjualan Sentul City dan memberikan solusi yang dapat memperbaiki situasi tersebut melalui tugas akhir ini.Metode analisis yang digunakan untuk mengidentifikasikan masalah adalah analisis internal melalui analisis strategi STP (Segmentation, Targeting, Positioning) dan bauran pemasaran. Sementara analisis eksternal dilakukan dengan metode analisis industry Porter dan brand equity model.Hasil analisis menemukan tiga masalah yang kritikal untuk Sentul City, yaitu segmentasi, target dan posisi pasar yang kurang jelas menyebabkan komunikasi ke pasar tidak efektif sehingga awareness pasar atas Sentul City tidak tersampaikan dengan baik. Hal-hal tersebut menyebabkan minat beli konsumen akan produk Sentul City pun rendah.Penelitian yang dilakukan menghasilkan usulan strategi pemasaran yang diharapkan dapat memperbaiki isu bisnis Sentul City, yaitu dengan memperbaiki segmentasi, target dan posisi pasar yang didukung dengan perencanaan bauran marketing yang sesuai dengan kategori masing-masing produk.
Perpustakaan Digital ITB