digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

E-commerce menawarkan keuntungan-keuntungan bagi perusahaan pemakainya, tidak terkecuali UMKM. Dengan menggunakan e-commerce, UMKM dapat memperoleh keunggulan kompetitif dan beberapa keuntungan lainnya. Di Indonesia, adopsi e-commerce oleh UMKM masih rendah. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan menggali faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan adopsi e-commerce oleh UMKM di Indonesia. Dengan menarik faktor-faktor yang berpengaruh terhadap adopsi ke populasi akan diketahui apakah faktor-faktor tersebut sudah menunjang atau belum. Apabila belum menunjang maka sebaiknya dilakukan perbaikan oleh pihak terkait agar adopsi e-commerce dapat ditingkatkan. Dalam menggali faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan adopsi e-commerce oleh UMKM di Indonesia, digunakan teori lingkungan bisnis. Teori lingkungan bisnis akan membantu mengidentifikasi faktor-faktor yang berasal dari internal, eksternal mikro, dan eksternal makro dengan lebih komprehensif. Selain menggali faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi e-commerce, perlu dikonfirmasi juga manfaat yang didapat oleh UMKM di Indonesia dengan mengadopsi e-commerce. Hasil konfirmasi manfaat yang diperoleh digunakan untuk mengetahui seberapa jauh pengembangan e-commerce untuk UMKM di Indonesia harus dilakukan.