digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Dokumen Asli
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan

Group buying adalah aktivitas belanja dalam grup untuk mendapatkan harga barang yang lebih murah. Saat ini di Indonesia, penjual menggunakan berbagai aplikasi untuk menjalankan proses group buy. Karena hal itu, pembeli juga perlu menggunakan berbagai aplikasi untuk membeli produk dengan sistem group buy. Akibatnya pengalaman pengguna dari pembeli berkurang karena perlu berpindah-pindah aplikasi. Dalam penelitian ini, dirancang sebuah desain interaksi yang dapat menunjang semua proses group buy sehingga pembeli tidak perlu berpindah-pindah aplikasi. Perancangan desain interaksi tersebut akan dilakukan dengan pendekatan user-centered design. Untuk mendapatkan kebutuhan dan permasalahan dari pengguna, dilakukan pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner ke grup Whatsapp, Facebook, dan server Discord milik penjual dengan sistem group buy. Hasil dari desain interaksi ini adalah prototipe low-fidelity dan high-fidelity berupa aplikasi statis berbasis web. Setelah melakukan analisis pada hasil kuesioner, usability goals yang ditetapkan dari aplikasi adalah efficient to use, effective to use, easy to learn, dan easy to remember how to use. User-experience goals yang ditetapkan dari aplikasi adalah enjoyable, helpful, dan motivating. Pengujian dilakukan dengan menggunakan cognitive walkthrough untuk low-fidelity dan usability testing untuk high-fidelity. Penilaian usability testing menggunakan durasi waktu pengerjaan tugas, single ease question (SEQ), system usability scale (SUS), basic psychological need satisfaction for technology use (BPN-TU), dan technology acceptance model (TAM). Penilaian tersebut juga akan dilakukan ke proses group buy yang ada dari masing-masing narasumber. Setelah melakukan 2 iterasi, usability goals dan user-experience goals yang ditetapkan telah berhasil dipenuhi dengan rata-rata durasi pengerjaan untuk setiap tugas sebesar 4,163 detik, rata-rata SEQ sebesar 6,927, SUS sebesar 99,2, BPN-TU sebesar 4,983, dan nilai TAM yang cenderung lebih besar dibandingkan dengan proses yang ada dari masing-masing narasumber. Dibandingkan dengan proses yang ada, tujuan dari pengguna dapat dicapai dengan lebih cepat.