Pertumbuhan industri telekomunikasi di Indonesia mengalami kejenuhan dalam beberapa tahun terakhir. Sejumlah perusahaan telah merumahkan karyawannya secara masif sebagai hasil dari efisiensi yang tidak terelakkan. Padahal, kepuasan dan loyalitas karyawan adalah penentu keberlangsungan competitive advantage. Studi ini akan mengevaluasi kepuasan karyawan pada level industry, membandingkan antara sektor publik dan swasta, serta evaluasi pada salah satu perusahaan menengah swasta, M-Telko. Hasil penelitian ini diharapkan dapat mengusulkan solusi berkelanjutan untuk kepuasan karyawan dan juga pertumbuhan perusahaan-perusahaan di industri tersebut, khususnya M-Telko.
Sebuah model berdasarkan tinjauan pustaka digunakan untuk penelitian ini. Hasilnya, terdapat dua faktor utama yang menentukan kepuasan karyawan, yaitu imbalan total serta kepemimpinan dan komunikasi manajemen.
Solusi-solusi diajukan untuk meningkatkan kepuasan karyawan industri telekomunikasi di Indonesia, khususnya untuk M-Telko. Solusi tersebut adalah memperbesar peluang promosi dan membangun citra yang baik untuk tim manajemen.
Perpustakaan Digital ITB